Surabaya Vaganza, karnaval mobil hias dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya diselenggarakan pada hari Minggu 26 Mei 2024. The Chronicle of Surabaya adalah tema Surabaya Vaganza HUT Kota Surabaya yang ke-731. Tema kali ini menampilkan lini masa perjalanan Kota Surabaya sejak masa prasejarah sampai saat ini. Mobil-mobil hias peserta parade hadir dengan berbagai bentuk dan warna sesuai tema. Parade mobil hias ini diikuti oleh berbagai instansi di Kota Surabaya.Â
Ada instansi pemerintah, ada instansi badan usaha maupun dari sekolah atau perguruan tinggi. Semua peserta menampilan bentuk mobil hias dan ornamen-ornamen pendukung untuk menguatkan tema yang dipilih. Seperti Pelindo Regional 3 yang memilih tema Surabaya Retro. Menampilkan mobil hias dengan konsep suasana retro Kota Surabaya, busana retro dan juga menampilkan tokoh-tokoh lengedaris di masa retro Kota Surabaya. Seperti musikus (Alm) Gombloh.
Karnaval mobil hias ini menarik bagi warga Kota Surabaya dan sekitarnya. Warga rela datang dan menunggu dari pagi untuk mendapatkan spot atau tempat terbaik dalam menyaksikan karnaval mobil hias. Rute karnaval dari Tugu Pahlawan - Jl. Pahwalan -- Jl. Tunjungan- Jl. Gubernur Suryo dan Finish di Balai Pemuda. Warga datang dan memadati di sepanjang rute karnaval.Â
Warga datang bersama-sama dengan keluarga, saudara, anak dan juga tetangga. Warga menikmati dan merasakan karnaval ini sebagai atraksi hiburan yang sangat menarik. Sebagai warga yang telah mengikuti beberapa kali event karnaval mobil hias Kota Surabaya, Surabaya Vaganza memang layak ditonton. Meskipun harus berdesak-desakan dan kepasanan untuk menyaksikannya.
Secara manajemen penyelenggaraan, Surabaya Vaganza sangat baik dan tertata rapi. Mulai dari publikasi kegiatan, pengaturan arus lalu lintas, pengaturan parkir, pengaturan dropping dan loading mobil hias, pengaturan peserta karnaval sampai pengaturan pembongkaran mobil hias. Semua diatur rapi. Sehingga warga dapat menikmati dengan nyaman. Even ini bisa dikurasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai event nasional yang bisa dijual ke mancanegara.Â
Seperti event Jember Fashsion Carnival (JFC) yang sudah menjadi branding nasional dan internasional. Penyelenggara dapat menyiapkan spot-spot nonton terbaik yang bisa dijual untuk wisatawan. Dengan menyediakan panggung, tempat duduk dan fasilitas pendukungnya. Saya yakin wisatawan lokal atau mencanegara bersedia membayar untuk dapat menikmati Surabaya Vaganza dengan spot terbaik dan nyaman.
Semoga tahun depan masih bisa menikmati lagi event Surabaya Vaganza.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H