Mohon tunggu...
sugidi prayitno
sugidi prayitno Mohon Tunggu... kuli bangunan -

Belajar menikmati hidup yang singkat ini !!!

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Jalan Setapak Asrama keramat

17 Mei 2016   13:31 Diperbarui: 17 Mei 2016   13:49 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Jalan Setapak Asrama Keramat

:sugidi p

 

Perjalanan hidup adalah kumpulan-kumpulan peristiwa dari perjalanan kita dan kenakalan-kenakalan di masa lalu. Dulu, saat kau dan aku masih berkopyah putih, bersarung di tengah kerumunan santri, di tempat  yang kita namai asrama keramat. 

Ada satu waktu yang aku ingat, ketika kita menyeruput segelas kopi dan ngelinting tembakau kemenyan di balai asrama usai Bandongan dan Sorongan , bersenda gurau sambil bermimpi, dalam pembicaraan hangat.

Kemudian pagi beranjak menyapa sembari menatap langit yang sama pada bintang redup di ujung timur, kau berceloteh lirih “tak ada yang pasti dalam kisah saat ini dan nanti” ,katamu. Dan memang demikian, karena aku sudah memilih jalan hidup aku sendiri sebagai pendakwah puisi sedangkan kau memilih sebagai kyai.

Dan di bawah langit yang sama antara malam dan siang hingga langit cerah  itu, antara kepulan linting tembakau, aku selalu melihat ada banyak pertanyaan tak berjeda yang kerap singgah untuk kita selesaikan.

Di sana masih banyak persoalan yang mesti kita eja. Namun aku tak pernah paham kalau ternyata persoalan itu tentang dirimu. Ah, kiranya dulu aku pandai menghafal kitab dan pandai berdoa dengan fasih, atau engkau mau berkata, mungkin aku bisa menyelesaikan persoalan tentang pedihmu, kesendiriamu dan tentang kisah kita berteman yang tak kan usia.

Dan inilah yang harus aku hadapi sebagai seorang yang berjibaku dalam pikiran puisi yang terlalu lama aku genggam erat hingga  berisi berbagai macam persoalan dan pertanyaan yang harus aku selesaikan, namun kemana lagi puisi-puisiku jika aku berhenti, sedangkan engkau seorang kyai.

Biarlah kita saling mengisi dalam satu tujuan yang sama, meski jalan hidup kita berbeda. Aku akan berlanjut dalam perenungan panjangku.

 

 

 

______

Sugidi Prayitno

Pulogadung, 13 Mei 2016

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun