Mohon tunggu...
Sugeng Riyadi
Sugeng Riyadi Mohon Tunggu... Perawat - Diaspora Indonesia di Qatar

Travel around and enjoy your life!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pesanan Dinyatakan Hilang, Refund Tokopedia Tertunda Lama

10 Agustus 2024   06:32 Diperbarui: 11 Agustus 2024   03:22 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini adalah kelanjutan artikelku yang berjudul Tokopedia, Kapan Refund Uang Belanjaku? 

Setelah menerima komplain dari pembeli dan penjual, pada tanggal 17 Juli 2024, Tim Tokopedia Care menyatakan BARANG HILANG DALAM PENGIRIMAN. Selanjutnya mereka akan mengajukan klaim ke pihak asuransi. Pihak penjual diminta melengkapi berkas klaim, dan melampirkan dokumen KTP.

Tepat seminggu setelah pesananku dinyatakan hilang dalam pengiriman, Tim Tokopedia Care menjawab pertanyaanku. Mereka menginformasikan bahwa proses klaim ditangguhkan karena pihak asuransi masih membutuhkan data berupa bukti pick up yang dilakukan pihak kurir. Aku pun kesal, mengapa setelah seminggu berlalu, mereka baru menanyakan tambahan data. Wasting time! 

Hampir setiap hari, Aku menanyakan kabar perkembangan proses verifikasi dokumen oleh pihak asuransi melalui layanan pusat resolusi Tokopedia. Jawaban terakhir yang mereka berikan pada tanggal 25 Juli 2024.

Akhirnya Aku memanfaatkan layanan chat dengan TANYA. Ini merupakan layanan Tokopedia yang dijawab oleh robot sepertinya. 

Singkat cerita, tanggal 7 Agustus 2024 ada jawaban dari Tokopedia Care, "Mohon maaf meluruskan informasi sebelumnya ya Kak, untuk BAP dari pihak kuris sebelumnya sudah dilengkapi ya Kak namun info dari pihak Asuransi proses klaim ini belum dapat diproses dikarenakan penjual belum melampirkan bukti pick up pesanan. Sehingga kami bantu follow up ke pihak penjual terlebih dahulu untuk bukti pick up barangnya ya."

Jawaban yang tak enak didengar. Bayangkan, 21 hari berlalu tanpa hasil!

Selain terus bertanya di layanan TANYA, Aku juga memberikan komentar di akun media sosial Tokopedia. Inilah upayaku agar uang segera refund. Dari akun Facebook milik Tokopedia, Aku pun baru tahu kalau ternyata banyak orang yang bernasib sama. Banyak sekali pelanggan mengeluh tentang refund yang tersendat. 

Karena penasaran dengan verifikasi dokumen yang berlarut-larut, Aku mencoba menelusuri akun Tokopedia Care di Google Maps. Wow! ternyata banyak sekali pelanggan Tokopedia yang memberi rating bintang satu disana.

Review yang diberikan berisi kalimat-kalimat kekecewaan pada Tokopedia Care. Hingga 10 Agustus 2024 pukul 06.04 WIB, Tokopedia Care mendapatkan 914 review dengan rating rata-rata 2,1. Rating yang sangat jelek untuk sekelas perusahaan besar yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 11 April 2022 lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun