Mohon tunggu...
Sugeng Purnama
Sugeng Purnama Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pasar Global Menjadi Sarana Mendapatkan Profit

11 November 2018   21:27 Diperbarui: 11 November 2018   21:25 383
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dari berbagai poin pada komunikasi internasional ini adalah salah satu dari bidang komunikasi internasional, segala hal yang menyangkut bidang komunikasi internasional tidak terlepas dari yang menyangkut dengan internasional atau global, diantaranya yaitu pasar global. Disini akan membahas mengenai The Global Media Marketplace atau bisa disebut pasar global. Pasar global sendiri adalah pasar yang jangkauannya ke masyakrat dunia atau terluas yang memimpin pembisnisan didunia. Pasar global tidak terfokus hanya pada beberapa negara melainkan pasar global akan terfokus bagaimana agar bisa mendominasi kedunia untuk membeberkan beberapa produk ataulainnya yang menyangkut dengan pemasaran.

Pasar sendiri memiliki berbagai macam fungsi diantaranya, memberikan informasi, memberikan hiburan, menjual produk dari berbagai negara yang memproduksinya ataupun untuk sarana berbagi informasi mengenai dunia yang unik ataupun yang menyangkut dunia. Tetapi yang dimaksudkan disini adalah membahas mengenai pasar media global, informasi disebar luaskan oleh media masa atau media yang bisa menggapai global atau duni. Informasi disini bisa berupa hiburan, berita, iklan dan komunikasi.

Dalam banyaknya kemudahan dalam menggunakan dunia digital perusahaan mengguanakan alat untuk menyebarluaskan berbagai produk yang mereka produksi. Tidak hanya produk yang menggunakan digital media melainkan banyak menggunakan media digital diantaranya industri perfilman, industri periklanan, industri lainnya yang berkerjasama untuk memamerkan karya yang akan mendominasi pasar global. Contohnya salah satu dari produk yang bisa dengan mudah memasuki pasar global dan berkembang sangat pesat diseluruh negara didunia adalah Mac produk dari salah satu perusahaan terbesar dari Amerika yaitu produk Apple.

Pasar global menjadi media yang dimana perusahaan -- perusahaan didunia beradu keuntungan mereka melalui media yang bisa mencangkup msayarkat global. Pada saat itu kantor berita terbesar yang mencangkup dunia salah satunya adalah yaitu Reuters. Kantor berita ini mengatur segala sesuatu baik itu menyaring berita, grafik, ataupun visual. Kantor berita ini menggunakan media secara langsung yang kemudian disampaikan kepada khalayak masyarakat didunia, sehingga menjadikan kantor berita ini mendapatkan profit atau pemasukan dari pasar global.

Dimassa sekarang banyak perusahaan -- perusahaan didunia mulai mengembangkan ide -- ide atau gagasan mereka sebagai nilai jual suatu barang kepada pasar media global saat ini. Tetapi dalam berkembangnya intelektual saat ini masih memiliki dampak yang akan terjadi kepada masyarakat didunia. Dampak yang terjadi karena beberapa perushaan sudah mempengaruhi beberapa pasar global, hingga saat ini masyarakat masih terpengaruhi oleh inovasi yang keluar dari perushaan -- perusahaan yang menguasai pasar global.

Sesuatu yang ada hubungannya dengan masyarakat pasti memiliki berbagai dampak positif dan negatifnya. Dampak negatif dari berbagai macaram barang ataupun informasi dalam pasar media global yaitu berkurangnya kepedulian terhadap produk atau jasa dilokal itu sendiri. Contohnya adalah karena banyaknya produk dari luar seperti fashion baju, celana, ada juga dalam bidang teknologi seperti handphone, atau beruba alat kendaraan seperti sepeda motor ataupun mobil. Semua itu adalah produk dari beberapa perushaan yang menguasai pasar media global. Jadi saat masyarakat menggunakan semua barang yang tersebut mereka akan lupa dengan khasnya dari negara sendiri, dan tidak berkembangnya negara itu sendiri, pemikiran masyrakat itu menjadi tidak berkembang karena sudah banyaknya produk atau barang yang mereka dapatkan dari perushaan -- perushaan terkenal dengan produknya. Selain dampak negatif terdapat juga dampak positif dari pasar media global atau pasar global yaitu bertambahnya komunikasi negara satu dengan negara lainnya serta mempelajari beberapa ilmu yang didapat dari beberapa perusahaan yang menjadi bisnis. Contohnya yaitu produk indonesia bisa mnencapai luas negara indonedia, menjadikan produk indonesia menjadi terkenal kepenjuru negara. Seperti batik yang sudah terkenal ke negara lain.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa pasar global yaitu pasar bisa mencangkup ke seluruh dunia, dimana yang mendominasi pasar global tersbut adalah perushaan -- perushaan besar yang selalu berkembang dan mempunyai ide -- ide baru dan mampu berinovasi. Pasar global tidak bisa berjalan tanpa adanya media massa untuk memperkenalkan produk-produk mereka kepada masyarakat di seluruh dunia. Persaingan antar perushaan terjadi pada pasa global ini, persaingan tersebut untuk mendapatkan profit besar. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun