Sekarang ini kalau anda menerima paket , seberapa sering kalau paket itu dikirim oleh PT POS ? lebih banyak kiriman paket itu dikirim oleh jasa pengiriman swasta yang banyak bermunculan sekarang ini seperti JNE,TIKI,Indah Cargo dll , terus kemanakah jasa pengiriman atau logistik PT POS yang dulu pernah jadi andalan kita untuk pengiriman barang ke seluruh pelosok Indonesia ? Kalau kita sekarang datang ke PT POS paling hanya ada beberapa orang beli materai , pensiunan dan masyarakat yang ambil bantuan langsung.
Menurut lembaga riset ICD yang memprediksi bahwa pasar e-commerce di Indonesia akan tumbuh 42% dari tahun 2012-2015. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan negara lain seperti Malaysia (14%), Thailand (22%), dan Filipina (28%).
Pertumbuhan ini didukung dengan data dari Menkominfo yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia.
Jumlah ini akan terus naik seiring dengan bertumbuhnya penggunaan smartphone, penetrasi internet di Indonesia, penggunaan kartu debit dan kredit, dan tingkat kepercayaan konsumen untuk berbelanja secara online ( Warta ekonomi).
Potensi yang luar biasa besar ini kenapa tidak bisa dimanfaatkan secara optimal oleh PT.POS , yang sudah jauh lebih berpengalaman dalam menangani pengiriman logistik dengan jaringannya yang sudah merambah sampai ke pelosok nusantara.
- Sumber Daya Manusia
Pembenahan sumberdaya manusia adalah suatu hal yang mutlak dilakukan karena mereka inilah sebagai penggerak dan inspirator , ganti pemimpin dan pengambil keputusan di PT Pos dengan sumberdaya Manusia yang paham menangani sisi bisnis , karena potensinya memang sudah ada dan belum terlalu terlambat untuk dilakukan ,
 2.  Kembali ke Core bisnis
Ada satu iklan di televisi dari PT POS  mengenai salah satu produknya yaitu POSPAY sebagai sarana pembayaran online untuk tagihan PLN,kredit dll , bisnis ini sebenarnya lumayan bagus akan tetapi untuk jangka panjang dengan semakin mudahnya masyarakat melakukan pembayaran melalui sms banking dan internet banking, pembayaran langsung melalui loket akan semakin ditinggalkan.
Bisnis inti PT POS adalah pengiriman surat dan barang , dengan sudah datangnya era internet dan email , bisnis pengiriman surat sudah tidak lagi menarik dari sisi ekonomi, tetapi logistik masih menyimpan potensi yang sangat besar .Dengan menggarap potensi ini saja PT POS dengan kekuatan jaringan dan pengalaman akan lebih mudah untuk kembali mendapatkan kue bisnis pengiriman barang.
 3. Marketing yang Tepat dan modernisasi Pelayanan
Ada preseden mengenai pengiriman melalui PT POS barang akan telat datang dan kadang sudah rusak atau malah dicuri . Hal hal seperti inilah yang jadi PR untuk jajaran PT POS harus dibenahi kalau tidak mau terus tenggelam dalam persaingan . Dengan pembenahan pelayanan , keamanan pengiriman dan ketepatan waktu pengiriman akan menjadikan daya saing PT POS bisa meningkat ditambah dengan peningkatan layanan seperti paket tracker yang bisa dimonitor oleh konsumen status pengiriman secara online .