Mohon tunggu...
Sufyan Ramadhan
Sufyan Ramadhan Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Menulis untuk ...\r\n

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Akhlak atau Syariat Dulu?

31 Juli 2013   04:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   09:48 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Perselisihan antar umat beragama dan antar golongan agama selalu membawa-bawa keburukan akhlak orang lain. Mereka bilang penganut ini begini, jamaah itu begitu, tokoh anu begono. Namun benarkah demikian?

Sebagai seorang muslim saya tidak boleh ragu dengan sesatnya agama selain islam. Namun begitu banyak contoh non muslim yang berakhlak mulia, lebih dari sebagian muslim yang saya kenal. Bunda Theresa, salah satunya. Siapa yang bisa mengingkari akhlak beliau? One of the best christian, i think. Tapi saya tetap wajib untuk tidak ragu akan kekafiran beliau.

Begitu pula jika saya posisikan diri sebagai seorang muslim yang bukan penganut tasawuf. Saya tahu ada jama’ah tasawuf yang memiliki akhlak baik seperti Jama’ah Tabligh. Sejarah pun mencatat seorang salahuddin al ayubi sang pembebas al Quds, beliau pun seorang sufi. Dari fakta tersebut saya tetap tidak menganut kewajiban bertarekat.

Orang non-muslim yang ingin masuk islam, jika memperhatikan akhlak sebagian kaum muslimin mungkin tidak akan jadi masuk islam. Umat islam terpecah belah, ada yang ngebom sana ngebom sini, dan lain sebagainya.

Saya tidak ada urusan dengan akhlak orang lain, yang terpenting adalah mengurusiakhlak diri sendiri. Akhlak penganut suatu kepercayaan bukan menjadi penentu kebenaran, tetapi esensi dari ajarannya secara utuhlah yang menentukan benar tidaknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun