A. Latar Belakang
Guru Penggerak merupakan program pendidikan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru. Selain itu, hadirnya guru penggerak diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar.Â
Prinsip program adalah mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning. Dengan menggunakan dua metode yang tadi dijelaskan, nantinya guru yang terdaftar di dalam program ini mereka juga harus mengikuti proses pembelajaran.
Model pembelajaran yang tertuang adalah menggunakan metode pelatihan dalam jaringan atau belajar daring, lokakarya, dan pendampingan individu.
Terdiri dari 70% pengajar bekerja di sekolah, 20% bersama sesama pengajar, dan 10% bersama narasumber, fasilitator, dan pengajar praktik. Pendampingan dilakukan secara individu di sekolah CGP dan pendampingan kelompok melalui kegiatan lokakarya.Â
Laporan pelaksanaan pendampingan individu dan lokakarya pendidikan guru penggerak dilaksanakan dengan baik dan terarah, maka perlu dilakukan fungsi kontrol sebagai bahan laporan yang akan digunakan oleh BBGP/BGP sebagai bentuk pertanggung jawaban aktivitas pendampingan individu dan lokakarya.
B. Tujuan
Tujuan kegiatan pendampingan individu 4 adalah membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:
- mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;
- memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik; danÂ
- merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.
C. Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan dari kegiatan pendampingan individu 4 adalah sebagai berikut:
- CGP mampu merefleksikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring sebulan terakhir;
- CGP mampu menerapkan budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional dalam proses pembelajaran di kelas;
- CGP mampu merumuskan pengembangan diri ke depan sesuai umpan balik pasca-observasi.
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan pendampingan individu 4 program PGP adalah unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan pendampingan individu 4, yaitu Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 6 Kota Mataram sebagai berikut:
- Marhamah (CGP SDN 14 Mataram);
- Minarni (CGP SMPN 13 Mataram)
- Halil (CGP SDN 2 Cakranegara);
- Johariah (CGP SMAN 10 Mataram); dan
- Aminuddin (CGP SDN 26 Cakranegara).Â
E. Pelaksanaan
Pelaksanan pendampingan individu 4 di Wilayah Sasaran pengajar praktik yang bertugas ini diselenggarakan secara tatap muka (luring) pada tanggal 15, 16, 21, 22, dan 23 Februari 2023 dengan tempat pelaksanaan sebagai berikut:
- Tempat: SDN 14 Mataram; Alamat: Jalan Matahari Gomong Lama; Kab./Kota: Mataram; Provinsi: Nusa Tenggara Barat.Â
- Tempat: SMPN 13 Mataram; Alamat: Jalan Pemuda; Kab./Kota: Mataram; Provinsi: Nusa Tenggara Barat.Â
- Tempat: SDN 2 Cakranegara; Alamat: Jalan Pejanggik; Kab./Kota: Mataram; Provinsi: Nusa Tenggara Barat.Â
- Tempat: SMAN 10 Mataram; Alamat: Jalan Jalan R. Soedjono Jempong; Kab./Kota: Mataram; Provinsi: Nusa Tenggara Barat.Â
- Tempat: SDN 26 Cakranegara; Alamat: Jalan TGH Lopan; Kab./Kota: Mataram; Provinsi: Nusa Tenggara Barat.Â
F. Pihak Terkait
Pihak yang terkait pada pelaksanaan pendampingan individu 4 adalah sebagai berikut:
- Nama: Haeniah, S.Pd.; Jabatan: Kepala SDN 14 Mataram; Satker: Dinas Dikpora Mataram; Keterangan: -
- Nama: Ahmad Saehu, S.Pd.; Jabatan: Kepala SMPN 13 Mataram; Satker: Dinas Dikpora Mataram; Keterangan: -
- Nama: Hj. Hadijah, S.Pd.; Jabatan: Kepala SDN 2 Cakranegara; Satker: Dinas Dikpora Mataram; Keterangan: -
- Nama: H.M. Sahirun, S.Pd.; Jabatan: Kepala SMAN 10 Mataram; Satker: Dinas Dikpora Mataram; Keterangan: -
- Nama: Mugiya, S.Pd.; Jabatan: Kepala SDN 26 Cakranegara; Satker: Dinas Dikpora Mataram; Keterangan: -