Kegiatan projek P5 merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang diterapkan di SMAN 3 Penajam Paser Utara. Salah satu tema pojek yang sedang diangkat adalah kearifan lokal. Kearifan lokal merupakan suatu pandangan hidup masyarakat di daerah tertentu tentang lingkungan alam sebagai tempat tinggal. Pandangan hidup ini dapat bersumber dari kepercayaan masyarakat di daerah tersebut selama puluhan tahun yang telah menjadi tradisi.
Lalu mengapa generasi sekarang perlu diperkenalkan kearifan lokal? Pertanyaan itu tentu mengelitik bagi kita sebagai guru, bukan? Kearifan lokal merupakan warisan leluhur kepada generasi berikutnya. Jika tidak ada pengenalan maka kearifan lokal akan menjadi sejarah dan hilang dari peradaban. Sungguh disayangkan apabila negara Indonesia memiliki keunikan yang menjadi sumber kekayaan budaya yang mengagumkan. Keunikan yang mengagumkan berasal dari tradisi, adat istiadat, budaya, dan sebagainya.
Sayang, kemajuan zaman dapat mempengaruhi kekayaan adat, tradisi, budaya, kearifan lokal yang ada di wilayah tertentu. Ancaman ini merupakan PR bersama agar generasi sekarang lebih mencintai kearifan sebagai kekayaan daerah yang patut dijaga, dirawat, dan dilestarikan. Untuk itu, melalui kegiatan P5 kearifan lokal, siswa diharapkan mengenal potensi kearifan daerah masing-masing khususnya kearifan lokal di Kalimantan Timur.
Lalu apa yang bisa dipelajari yang berkaitan P5 kearifan lokal? Agrowisata dibangun tanpa merusak alam. Pengelola agrowisata mengangkat ikon pertanian yang masih memiliki potensi yang patut dikembangkan. Potensi agrowisata tak kalah menariknya bila dibanding wahana modern yang saat ini digemari generasi milineal. Generasi milineal dapat belajar banyak hal mulai cara pertanian yang dapat menghasilkan penghasilan tanpa harus mencemari lingkungan. Apalagi banyak tanaman akan menyadarkan kepada kita semua manfaat tumbuhan sebagai paru-paru dunia.
Tak hanya siswa, tim fasilator dapat menikmati wahana ini sebagai ajang diskusi santai. Diskusi santai dapat mempereat kebersamaan. Kebersamaan ini akan menumbuhkan semangat memberikan yang terbaik bagi siswa. Selain itu, melihat nuasa alam banyak memberikan inspirasi dalam kehidupan, merilekskan pikiran sejenak dari rutinitas harian yang tak pernah ada habisnya. Guru dapat mengobservasi kerja sama setiap tim yang telah dibentuk hingga terwujud kolaborasi yang menghasilkan sesuatu yang super. Kolaborasi dapat dilihat dari kegiatan hingga hasil yang didapatkan melalui video.