Mohon tunggu...
Kelompok 215 Desa Arjasa
Kelompok 215 Desa Arjasa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jember

Menyukai hal-hal yang bersifat alam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Kolaboratif 215 Arjasa Membuat Inovasi dan Branding Produk Keripik Gadung Arjuno

14 Agustus 2023   10:35 Diperbarui: 14 Agustus 2023   10:39 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Arjasa, 03 Agustus 2023- Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 215 yang terdiri dari Universitas Jember, Institut Teknologi dan Sains Mandala, Universitas Islam Jember, Universitas Moch. Sroedji, dan Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember belajar tentang pengelolahan kripik gadung dari pengirisan, perendaman, penjemuran, hingga menjadi produk yang siap untuk dijual. Mahasiswa KKN kolaboratif 215 Arjasa  menghimbau dan memberi arahan kepada BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) untuk tidak memproduksi produk setengah jadi tetapi juga memproduksi produk yang sudah siap untuk dikonsumsi. Kami belajar dari mulai penggorengan, memberi perasa,  pengemasan, dan membuat label nama stiker dengan menggunakan kemasan yang sangat layak, sehingga  dapat bertahan hingga beberapa hari.

Di dalam melakukan digitalisasi untuk meningkatkan branding usaha, kegiatan pendampingan yang kami lakukan dapat dibilang cukup membantu dalam hal pemasaran, yaitu dengan memperkenalkan digital marketing sebagai media pemasaran produk secara online yang dimiliki oleh para pelaku UMKM. Tujuan dari penggunaan digital marketing yaitu untuk menarik minat konsumen secara cepat dan meningkatkan visibilitas dalam penggunaanya. Oleh karena itu, Gilang selaku ketua koordinasi desa anggota KKN melakukan pendampingan penggunaan digital marketing kepada para pelaku UMKM di Desa Arjasa. Selain memberikan pendampingan, kami juga memberikan booklet digital marketing yang berisi infromasi tentang langkah awal untuk memulai digital marketing, cara meymanajemen sosial media atau e-commerce dan strategi dalam menjalankan digital marketing yang digunakan sebagai panduan dalam melakukan branding UMKM secara digital. Sejauh ini, KKN kolaboratif 215 sudah menggunakan sistem pemasanan  pre-order melalui media Whatsapp dan Instagram.

Sumber :Dokumentasi Pribadi
Sumber :Dokumentasi Pribadi

Mas Audan selaku ketua BUMDES "Kami sangat kagum dan merasa sangat terbantu dengan adanya KKN kolaboratif ini dimana kita bisa mengembangkan produk asli desa kita menjadi produk yang lebih modern dan menarik di kalangan konsumen. Kami mengucapkan terimakasih banyak atas usahanya selama ini dan ini sudah membuahkan hasil yang cukup menakjubkan."

Dengan penuh semangat dan kerjasama, kelompok KKN Kolaboratif 215 Desa Arjasa berharap agar desa ini dapat lebih maju dan bisa mengembangkan  produknya baik di dalam kota maupun luar kota.

Sumber :Dokumentasi Pribadi
Sumber :Dokumentasi Pribadi

Penulis

Wardatus Sholeha (Institut Teknologi dan Sains Mandala)

Neny Heriyanti (Universitas Jember)

Gilang Arya Patriandana (Universitas Jember)

Izza Fajria (Universitas Jember)

Syaphira Happy (Universitas Jember)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun