Digital Marketing belakangan ini menjadi istilah yang semakin banyak terdengar dalam berbagai kesemapatan. Terutama dalam dunia pemasaran atau marketing bisnis perusahaan. Metode pemasaran yang satu ini semakin banyak dipilih sebagai salah satu strategi branding bagi perusahaan ataupun UKM.
Secara umum, konsep dan tujuan utama dari penggunaan digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan dari suatu perusahaan. Sehinga diharapkan penggunaan konsep digital marketing atau pemasaran secara digital tersebut akan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan revenue perusahaan.
Apa Itu Digital Marketing?
Meskipun sudah menjadi salah satu istilah yang cukup banyak menjamur, namun istilah digital marketing tersebut masih cukup asing bagi sebagian orang. Terlebih bagi orang-orang yang memang tidak terlalu update atau mengikuti perkembangan teknologi dan industri pemasaran.
Singkatnya, Digital Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan pemasaran atau promosi dari suatu brand atau produk yang dilakukan dengan menggunakan media digital dan internet. Sehingga proses iklan atau pemasaran tidak lagi menggunakan metode-metode konvensional seperti pada umumnya.
Tujuan utama dari proses pemasaran secara digital adalah agar bisa menarik konsumen dan juga calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Harapannya, proses akusisi user dengan menggunakan pemasaran digital ini bisa berjalan secara lebih cepat dan efektif daripada proses pemasaran secara konvensional.
Baca Juga :Â Pemberdayaan UMKM Melalui Edukasi Digital Marketing
Perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat, membuat proses pemasaran secara digital menjadi lebih mudah. Bahkan membuat metode pemasaran yang satu ini menjadi opsi utama bagi perusahaan untuk proses marketing-nya.
Imbasnya, para perusahaan pun akan menjadi semakin kompetitif dalam menghasilkan konten yang baik untuk strategi pemasaran mereka. Konten marketing yang menarik, umumnya bisa membuat calon konsumen menjadi lebih tertarik dengan produk yang diiklankan tersebut.
Teknik pemasaran secara digital pun terdiri dari berbagai macam metode. Masing-masing metode tentunya memiliki segmentasi dan efektivitas yang berbeda sesuai tujuan marketing yang hendak dicapai.
Beberapa contoh metode yang sering ditemukan dalam aktivitas digital marketing antara lain adalah teknik SEO, email marketing, content marketing, influencer, SEM, dan lain sebagainya. Para digital marketer harus cermat dalam memilih teknik yang sesuai agar proses pemasaran tersebut bisa berjalan secara efektif dan efisien.