Mohon tunggu...
Suartini Iklima
Suartini Iklima Mohon Tunggu... Guru - Guru

Tipe Guru pada umumnya tetapi senang dengan perubahan dan inovasi baru. Walau usia bukan muda lagi tetapi semangat belajar dari berbagai media dan orang sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP untuk Memahami Integrasi 5 KSE

24 November 2022   00:05 Diperbarui: 24 November 2022   00:09 905
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

RENCANA PELAKSANAAN 

(Disusun untuk memahami integrasi 5 KSE)

 

Sekolah                       : SDN 1 BELEKA

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester       : V/ Ganjil

Materi Pokok           : Membuat Iklan

Tema                           : 3. Makanan Sehat

Kompetensi Dasar : 3.4  Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

                                    4. 4. Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.

Alokasi Waktu            : 3 JP (3x40 menit)/ 1xpertemuan

Pertemuan                   : 2

 

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran:

  • Murid dapat menyebutkan ciri-ciri iklan (C1)
  • Murid dapat mengemukakan kata kunci pada iklan (C3)
  • Murid dapat merancang sebuah iklan (C6)

 

B.  Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar

Media              : Lembar kerja, lembar penilaian, konten youtube, WA.

Alat/Bahan    : Laptop, LCD, Keras HVS

Sumber            : Buku paket bahasa Indonesia siswa kelas V dari Kemendikbud, link youtube yang berkaitan dengan iklan 

C.  Langkah-Langkah Pembelajaran 

Kegiatan Awal (15 menit)

 

  • Guru membuka pelajaran dengan melakukan KEGIATAN AWAL RUTIN
  • Kegiatan rutin ditujukan untuk membangun suasana pembelajaran yang positif dan mempersiapkan murid untuk melakukan kegiatan pembelajaran selanjutnya (kesadaran diri, pengelolaan diri)
  • Sebelum guru melakukan kegiatan ini, penting sekali bagi guru untuk mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mentalnya. Ini dapat dilakukan misalnya dengan memastikan dirinya sudah tenang dan fokus sebelum melakukan kegiatan pembelajaran (Guru dapat berdoa dalam hati, menerapkan teknik bernapas dalam (latihan STOP)
  • Kegiatan awal murid :
  • Berdoa (kesadaran diri)
  • Latihan bernapas dengan berkesadaran penuh (kesadaran diri)
  • Mengambil jeda secara fisik dan mental dengan latihan STOP (Stop, Take A
  • Breath, Observe, Proceed)_ (Manajemen diri)
  • Memberikan waktu 2 menit untuk berbincang-bincang dengan teman sebangku atau yang duduk di depan/di sebelah tentang hal-hal yang berkesan dalam satu minggu ini (Kemampuan berelasi, kesadaran sosial)
  • Murid secara berkelompok (berdasarkan baris tempat duduk) secara bergilir dengan metode Round Robin Brainstorming (RRB) dibagikan kertas kosong dan spidol. Murid paling depan menuliskan jawaban berdasarkan pertanyaan pemantik yang diberikan Guru yaitu “tuliskan nama iklan yang ada di televisi yang pernah dilihat atau ditonton” (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

 

Kegiaan Inti (80 menit)

Literasi

  • Murid diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskan kembali isi iklan pada link https://www.youtube.com/watch?v=y7LpM4OJ0Js
  • Bagi Murid yang memiiki gawai dapat membuka link tersebut, sedangkan bagi yang tidak memiliki gawai maka diminta untuk membaca materi dalam buku paket (Diferensiasi proses kesiapan belajar/readiness)

Berpikir Kritis  

  • Murid diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi hal yang belum dipahami,
  • dimulai dari pertanyaan faktual sampai kepertanyaan yang bersifat praduga dalam iklan
  • Murid mengidentifikasi diri mengenai ketertarikan pada iklan media cetak ataupun media elektronik (Diferensiasi proses berdasarkan minat)
  • Selain itu, Murid diperbolehkan juga memilih iklan media cetak maupun elektronik
  • (Diferensiasi proses berdasarkan minat)

Kolaborasi  

  • Murid dibentuk dalam beberapa kelompok (minimal 2 orang) berdasarkan minat
  • pada iklan media cetak maupun media elektronik (Diferensiasi proses berdasarkan minat)
  • Masing-masing kelompok berdiskusi tentang iklan yang ingin dibuat dengan media Canva atau dengan menggambar langsung guna mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai hal-hal yang penting untuk ditulis dalam buku fiksi maupun nonfiksi yang telah dipilih

Komunikasi

  • Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil iklan yang dibuat termasuk ciri-ciri dan kata kuncinya

Kreativitas 

  • Murid secara individu membuat sebuah iklan dengan canva yang hasilnya di share ke group WA dan yang tidak mempunyai gawai membuat desain iklan dengan menggambarkannya pada kertas HVS yang dibagikan Guru (Diferensiasi produk berdasarkan profil belajar murid dan Diferensiasi Konten)
  • Sebelum tugas dikumpulkan, Murid diperintahkan untuk melakukan penyuntingan desain warna, isi dan tata bahasa.
  • Hasil  pekerjaan  membuat  komentar  dan  tanggapan  yang  dikumpulkan  boleh  memilih berupa  teks  tertulis,  rekaman  audio,  maupun  audio  visual (Diferensiasi Konten).  Jika  tertulis  maka dikumpulkan langsung dengan stick note yang dibagikan Guru sedangkan yang dalam bentuk  rekaman  audio  maupun  audio  visual  bisa  melalui  WAG (Diferensiasi produk berdasarkan profil belajar murid)

 

Kegiatan Akhir (25 menit)

  • Refleksi dengan LKPD Four Square (Diagram empat kotak) yang berisi materi, kata-kata yang terasosiasi, definisi dan gambar pada sebuah keras HVS yang dibagikan Guru. (DI Produk) (kesadaran diri)
  • Murid menempelkannya pada tempat pemajangan hasil (tembok kelas, papan pajangan) (DI Produk) 
  • Guru menutup pembelajaran dengan salam (kesadaran diri)

 

 

D.  Penilaian Hasil Pembelajaran

  • Penilaian sikap (observasi sikap selama mengikuti pmebelajaran dan ketepatan pengumpulan tugas)
  • Penilaian Pengetahuan (menunjukkan kemampuan dan pengetahuan dalam menulis komentar dan tanggapan)
  • Penilaian Keterampilan (berupa penilaian komentar dan tanggapan tertulis, rekaman audio, maupun audio visual)

 

 

Lombok Barat,  Oktober 2022

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                               Guru Kelas V

(Abdurrahman Jaelani, S.Pd)                                                              (Suartini Iklima, S.Pd)

PENILAIAN SIKAP

Strategi            : Observasi                                                            

Alat                 : Catatan anekdot

No

Nama

Catatan Sikap/Tanggal

Keterangan

PENILAIAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN

INDIKATOR

CHECKLIST

CATATAN

 

Pengetahuan

Tercapai

Berkembang

Baru mulai terlihat

 

 

Menunjukkan pengetahuan mengenai hal-hal yang penting untuk ditulis dalam iklan

 

 

 

 

Keterampilan Berkomentar dan Memberika Tanggapan dalam Bentuk Tertulis, Audio, Audio Visual

 

 

 

 

Kosakata      

 

 

 

 

Kaidah Kebahasaan      

 

 

 

 

Struktur Teks       

 

 

 

 

Kreativitas    

 

 

 

 

 

EVALUASI DIRI DAN TINDAK LANJUT

No

Aspek

Deskripsi Faktual

1

Kelebihan Pembelajaran

 

2

Kekurangan Pembelajaran

 

3

Kendala Pembelajaran

 

4

Catatan Khusus

 

5

Rekomendasi

 

6

Rencana  Tindak Lanjut

 

7

Lain-lain

 

.     

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun