Modul 2. 1 Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi_CGP
Pembelajaran diferensiasi merupakan usaha guru untuk menyesuaikan usaha  guru  untuk  menyesuaikan  proses pembelajaran  di kelas  untuk  memenuhi  kebutuhan  belajar  individu  murid.  Menurut Tomlinson  (1999:14)  dalam  kelas  yang mengimplementasikan  pembelajaran berdiferensiasi,  seorang  guru  melakukan  upaya  yang  konsisten  untuk  merespon kebutuhan belajar murid.
Kebutuhan belajar murid pada pembelajaran berdiferensiasi yang harus dipenuhi guru yaitu :
- Kesiapan belajar
- Minat
- Profil belajar murid
- Pembelajaran berdiferensiasi dibagi menjadi tiga yaiu berdiferensiasi:
Konten
Variasi : poster diagram, berbagai bacaan berupa buku bacaan, arikel, komik, video, dan lainnya. Dimana guru menyiapkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kesiapan belajar, mina dan profil belajar murid.
Proses
- Berdiferensiasi proses tentang :
- Bagaimana murid memahami atau memaknai apa saja informasi materi yang dipelajari saa itu
- Murid belajar secara mandiri ataupun berkelompok (berkolaborasi)
Pertimbangan proses berdiferensiasi:
- Mengembangkan lembar kerja untuk mengorganisasikan proses belajar dan penugasan murid.
- Peran guru dan murid. Guru menjadi fasilitator dan pelatih sedangkan murid menjadi peserta yang akif dalam proses.
- Manajemen kelas yang kuat
- Lingkungan belajar di kelas dengan pendekaan berdiferensiasi yang terasa sangat positif
- Penilaian bersifat tak henti
- Lingkungan kelas berdifererensiasi memiliki banyak jenis akivias belajar dan ragam siuasi pengelompokan.
- Seluruh pemangku kepeningan sekolah memiliki pemahaman dan kesepakaan menejemen konsep pembelajaran berdiferensiasi.
Cara diferensiasi proses:
- Kegiatan berjenjang. Semua murid bekerja membangun pemahamannya dan keterampilan yang sama akan tetapi dilakukan dengan berbagai ingka dukungan, tanangan, atau kompleksias yang berbeda-beda.
- Pertanyaan pemandu atau tantangan
- Membuat agenda individual yaitu daftar pertanyaan tentang kebutuhan individu murid dan daftar tugas unuk seluruh kelas
- Memvariasikan lama waktu unuk menyelesaikan tugas
- Mengembangkan kegiatan bervariasi
- Menggunakan pengelompokan yang fleksibel yang disesuaikan dengan kesiapan , kemampuan dan minat murid.
Siapa yang memerlukan bantuan. Bentuk bantuan yang diberikan berupa bantuan pemandu.
- Tagihan dari pembelajaran berdiferensiasi yang diharapkan pada murid (bentuk nyata) yaitu produk hasil pekerjaan murid yang ditunjukkan murid berupa tulisan, hasil tes, karangan, pertunjukan, pidao, persenasi, rekaman, diagram dan lainnnya.
- Dua hal yang perlu diperhatikan dalam diferensiasi produk yaiu:
- Memberi tantangan dan keragaman atau variasi
- Memberi murid pilihan tentang bagaimana murid dapat mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan
Ekspetasi pada murid:
- Kualitas pekerjaan murid
- Konten yang ada pada produk
- Bagaimana harus dikerjakan