Mohon tunggu...
Ari Susmiyati
Ari Susmiyati Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi Universitas Pamulang

Halo aku Ari! Mahasiswi yang sedang mengeksplor dan tertarik dengan dinamika bisnis startup teknologi. Selain belajar, aku juga suka membahas musik, film, dan berbagai pengalaman sehari-hari. Senang mendengarkan cerita, kalau ada pengalaman seru, unik atau insight menarik, yuk berbagi di sini!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Strategi Efektif dalam Penerapan Aspek Manajemen Perusahaan

27 Desember 2024   23:00 Diperbarui: 27 Desember 2024   22:40 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Project Manajement (Sumber: Pinterest)

Dalam era globalisasi yang semakin kompleks ini, strategi manajemen yang efektif sangat penting untuk kesuksesan perusahaan. Strategi ini melihat tujuan jangka pendek dan mempersiapkan perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjang dengan cara yang efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas strategi manajemen yang efektif dalam penerapan aspek-aspek manajemen perusahaan.

Langkah-Langkah dalam Membangun Strategi Manajemen yang Efektif

Membangun strategi manajemen yang efektif adalah fondasi penting untuk keberhasilan jangka panjang sebuah organisasi. Proses ini dimulai dengan mengidentifikasi misi, sasaran, dan strategi organisasi. Misi tidak hanya menjadi pernyataan sederhana tentang tujuan perusahaan, tetapi juga berfungsi sebagai peta jalan untuk semua anggota organisasi. Berikut adalah langkah-langkah terperinci untuk membangun strategi manajemen yang efektif:

1. Identifikasi Misi Organisasi

Misi adalah landasan dari strategi organisasi. Pernyataan misi menjawab pertanyaan mendasar: Mengapa perusahaan ini ada? Misi yang baik akan mencerminkan nilai inti organisasi, tujuan utamanya, dan peran yang ingin dimainkan dalam masyarakat.

Contohnya, sebuah perusahaan teknologi dapat memiliki misi seperti, “Menyediakan solusi inovatif untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.” Dengan misi seperti ini, perusahaan menciptakan arah yang jelas dan memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil mendukung tujuan tersebut.

2. Tentukan Sasaran Strategis

Setelah misi diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah menetapkan sasaran strategis. Sasaran ini harus mencerminkan tujuan jangka panjang perusahaan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu (SMART).

Misalnya, perusahaan dengan misi meningkatkan pengalaman belanja online dapat menetapkan sasaran strategis seperti:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 20% dalam dua tahun.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun