Mohon tunggu...
Steven
Steven Mohon Tunggu... Lainnya - SMA CK

10A

Selanjutnya

Tutup

Nature

Kondisi Kebersihan Lingkungan Saya

19 Agustus 2020   15:29 Diperbarui: 19 Agustus 2020   15:24 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Seperti yang kita semua ketahui lingkungan hidup nyaman serta kebersihan lingkungan merupakan merupakan hal teramat sangat penting, karena ini adalah salah satu cara untuk hidup sehat. Maka dari itu  perlu kita jaga dengan sebaik mungkin. Tapi masalahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sudah mulai berkurang. Terbukti dari maraknya budaya untuk membuang sampah sembarangan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita.

Dari anak kecil hingga orang dewasa semuanya seperti tidak merasa bahwa tindakan mereka dapat merugikan lingkungan mereka sendiri dan banyak orang. Tidak perlu jauh - jauh saya ambil contoh dari lingkungan saya saja. Kalau saya deskripsikan lingkungan perumahan saya, bisa saya bilang ini masih kurang bersih. Entah itu ada sampah di pinggir jalan bahkan sampai masuk - masuk rumah warga atau ada kotoran anjing peliharaan dan masih banyak lagi.

Kita semua sebagai masyarakat lingkungan tersebut pasti tahu yang namanya sebab dan akibat. Berarti semua yang kita lakukan ada akibatnya. Dan dari itu kita pasti tahu apa akibat dari buang sampah sembarangan atau kotoran hewan peliharaan yang ditinggalkan begitu saja tanpa dibersihkan. Akibat dari tindakan tersebut dapat merugikan diri kita dam banyak orang. Selain itu lingkungan yang kita tinggali dapat kehilangan kenyamanannya. Dan juga kalau kita tahu penyebab terbesar banjir di daerah ibukota negara adalah sampah.

Sekarang saya akan membahas masalah lingkungan di daerah perumahan saya. Dari yang saya amati di perumahan saya, salah satu masalah yang terbesar adalah masalah kotoran hewan peliharaan dimana - mana, terutama kotoran anjing. Kalau kita punya hewan peliharaan apapun itu, hewan tersebut menjadi tanggung jawab kita masing - masing. Jadi jangan bebankan tanggung jawab tersebut kepada orang lain, terutama jika masalah tersebut menyangkut dengan kebersihan lingkungan. jadi di komplek saya ini sebagian orang yang memelihara anjing tidak bertanggung jawab atas kotoran anjing tersebut. Seharusnya mereka memungutnya dengan kantong plastik atau alat lainnya.

Solusi dari masalah seperti ini sebenarnya sederhana dan solusi tersebut sudah diterapkan oleh RT baru perumahan saya. Solusinya itu dengan adanya peraturan yang mengendalikan lingkungan. Jadi RT baru ini menrapkan peraturan bagi yang tidak memungut kotoran anjingnya dan orang tersebut ketauan, orang tersebut akan di denda sebesar Rp500.000. RT tersebut juga menambahkan banyak spanduk di sekeliling komplek terutama di daerah taman. Dan sekarang lingkungan perumahan saya sudah mulai bersih.

Sebenarnya kondisi kebersihan lingkungan itu tanggung jawab semua orang, bukan tanggung jawab RT, RW, Gubernur atau yang lainnya. Kita semua yang tinggal disitu berarti tempat tersebut menjadi tanggung jawab kita dan kitalah yang harus menjaganya dengan baik, demi mempertahankan kenyamanan dan kebersihannya. Karena jika kita memiliki lingkungan yang bersih efeknya akan kita rasakan sendiri. maka mulai dari sekarang mulailah menamkan kesadaran serta kepedulian yang tinggi untuk menjaga kebersihan lingkungan.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun