A. Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan TPACK
Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Dengan memberikan motivasi dan suasana belajar yang menyenangkan ternyata sangat berpengaruh besar kepada semangat belajar siswa ditambah dengan kepercayaan yang diberikan sehingga mereka bisa dengan mandiri menyelesaikan masalah yang ditemukan didalam proyek. Dengan menggunakan model pembelajaran PJBL dengan pendekatan TPACK dapat mendorong siswa untuk lebih kreatif dan partisipasi dalam pembelajaran.
Pembelajaran berbasis TPACK mengoptimalkan technological knowledge (TK) yang digunakan dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan content knowledge (CK), pedagogik knowledge (PK), dan technological content knowledge (TCK) menjadi satu kesatuan yang untuh untuk menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dan lebih menarik perhatian peserta didik untuk berpasrisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas serta meningkatkan hasil belajar.
Daftar Pustaka :Â
- Yunizar, Y. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning Menggunakan Pendekatan TPACK Pada Pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI Teknik Komputer Jaringan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2851-2860.
- Handayani, W. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS TPACK TERHADAP PARTISIPATORY SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMK KH GHALIB PRINGSEWU.
NAMA : STEPHANI IANG SIRING, S.Pd
NIM Â Â : 2330111720637
PPG DALAM JABATANÂ
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT ANGKATAN II
TAHUN 2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H