Mohon tunggu...
Stephanie Rika Juwita
Stephanie Rika Juwita Mohon Tunggu... Mahasiswa - hola!

belajar :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UMKM Viral Jalur Visual (a.k.a CF Beauty Yogyakarta)

28 Juli 2023   14:34 Diperbarui: 28 Juli 2023   14:40 665
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.instagram.com/cfbeauty_/

Pengenalan komunikasi digital dalam meningkatkan adaptasi komunikasi pemasaran digital, merupakan topik yang sesuai dengan permasalahan UMKM saat ini. Pada era 4.0 mendorong para pelaku usaha untuk dapat mengandalkan teknologi dalam membantu aktivitasnya, salah satunya pemasaran (dewi Setiawati et al., 2019). Namun masih banyak kendala yang harus dihadapi para pelaku usaha untuk dapat beradaptasi dengan teknologi, seperti mengelola media sosial (Morrish, 2011). Banyak pelaku UMKM yang belum dapat mengelola media digital dengan baik sebagai media pemasaran. Kendalanya pada kurangnya pemahaman dalam mengoperasikan media sosial. Penggunaan media sosial sebagai media pemasaran tak lebih hanya sekedar mengikuti tren yang sedang berkembang (Retnasary et al., 2019). Hal ini menjadi penting mengingat media sosial merupakan elemen dalam proses komunikasi.

Kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu UMKM lokal  Yogyakarta yang cukup viral. Ini dia, CF Beauty. Toko yang berlokasi di Jalan Selokan Mataram ini telah memiliki cabang lainnya yang berlokasi di Jalan Affandi Nomor 9 CT X/09, Deresan, Karang Gayam, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Selain menjual secara offline, CF Beauty juga menjual secara online melalui beberapa e-commerce. CF Beauty menyediakan berbagai produk makeup dan skincare dari beberapa brand. Kamu bisa menemukan produk-produk dari brand Somethinc, Avoskin, dan lainnya di toko ini. CF Beauty juga aktif berbagi tips dan rekomendasi produk melalui akun Instagramnya @cfbeauty_.

Dengan kemajuaan teknologi CF Beauty memanfaatkan kesempatan ini dengan sangat rapih. UMKM ini kerap membagikan promo dan juga manfaat produk-produk yang mereka jual melalui sosial media Instagram, Tiktok serta marketplace. Tampilan Visual yang menarik sedikit demi sedikit di angkat oleh CF Beauty untuk menarik pelanggan yang target marketnya mayoritas adalah perempuan. Konsisten dalam membuat visual yang menarik serta promo, dikon, di Instagram dengan tema pink yang di sukai para perempuan juga kombinasi warna kuning yang membuat eye catchy mampu membawa  UMKM CF Beauty ini viral hingga membuat offline store mengantri pada saat perayaan Ulang Tahun CF Beauty.

Dari sini sudah bisa ditebak seberpa urgensi komunikasi visual yang di lakukan oleh pelaku bisnis. Visual yang menarik dan konsisten dapat mengubah segala sesuatu di era ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun