Mohon tunggu...
Inovasi

Tips Website Menjadi SEO

27 Februari 2018   16:44 Diperbarui: 27 Februari 2018   17:30 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hal-hal yang harus dilakukan website menjadi SEO

Saat kita mencari suatu hal di website, kita akan memasukan kata kunci yang sesuai dengan pencariaan kita. Ketika kita menekan tombol enter, maka kita akan mendapatkan hasil dari pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang kita gunakan.

Search Engine Optimisation atau SEO adalah metode untuk mengoptimalkan atau meningkatkan keefektifan konten website sebagai mesin pencari dan untuk membantu agar website muncul di rangking paling atas atau di halaman depan dari mesin pencari.

Langkah-Langkah SEO :

  • Kita mencari kata kunci
  • Kemudian memilih kata kunci tertentu
  • Gunakan kata kunci tersebut untuk menulis konten
  • Kemudian orang lain membaca dan membagikan di Twitter, Facebook, dan platform media sosial lainnya.

Copywriting

Copywriting adalah seni untuk menciptakan konten yang mendorong pembaca untuk membeli produk atau melakukan tindakan lain yang menguntungkan kita.

SEO Copywriting

SEO Copywriting muncul sejak, google melakukan pembaharuan atau perkembangan di website mereka. SEO Copywriting adalah dimana kita menciptakan konten yang bermanfaat, menarik dan berharga bagi orang lain. Dengan menggunakan kata kunci yang paling sering muncul, ketika orang mempromosikan di media sosial. Jadi, ketika kita merekomendasikan suatu produk, Google akan melihat seberapa banyak orang yang mengunjungi website kita menggunakan kata kunci tersebut. SEO Copywriting membantu kita untuk menargetkan pelanggan melalui konten yang kita buat dengan baik.

Ada enam elemen yang penting dalam SEO Copywriting :

1. Kecepatan Situs

Sejak tahun 2010, kecepatan situs menjadi faktor yang penting bagi pengguna. Jika, kecepatan situs memiliki waktu untuk memuat data lebih dari dua detik, dimana dua detik tersebut merupakan waktu standar untuk situs. Maka kita harus memperbaiki kecepatan situs tersebut. Walaupun konten website yang dimiliki menarik, namun kecepatan situsnya rendah maka orang-orang akan meninggalkan situs tersebut.

2. Headline atau Judul

Meskipun konten website tersebut bagus, jika judul yang dibuat tidak menarik. Maka orang rentan tidak memilih website yang  kita miliki. Dalam SEO Copywriting, judul yang dibuat harus menarik perhatian orang, seakan meminta orang lain untuk mengklik dan membaca situs kita.

3. Konten

Konten merupakan elemen penting dalam SEO Copywriting. Alasan utama orang melakukan pencarian di google atau mesin pencari lainnya adalah mereka ingin mencari konten yang bermanfaat. Maka dari itu, kita harus terus memperbarui konten yang ada dalam situs kita secara konsisten.

Sebelum kita membuat konten untuk situs kita. Penting bagi kita untuk mencari dan memahami konten apa yang dibutuhkan bagi para pembaca kita. Setelah menemukan kontennya, baru kita mulai membuat situs yang dapat memberikan solusi bagi para pembaca mengena konten yang dibahas. Memecahkan masalah dengan konten yang dibuat, adalah tujuan lain dari penggabungan SEO dan Copywriting.

4. Meta Description

Sebelum menulis dan mempublikasikan konten yang dibuat. Tambahakan deskripsi singkat mengenai konten kita yang membantu memandu mesin pencarian. Deskripsi tersebut harus memuat kata kunci dari konten kita yang membantu mesin pencarian untuk mencari dan memahami konten apa yang dicari. Google menggunakan deskripsi ini sebagai cuplikan saat orang mencari menggunakan kata kunci yang relevan dengan situs kita. Salinan cuplikan ini adalah yang akan menentukan apakah orang-orang akan mengklik situs kita atau tidak.

5. Frekuensi Kata Kunci

Frekuensi kata kunci berarti berapa kali kata kunci yang Anda pilih muncul di halaman web. Frekuensi dan kepadatan kata kunci tidak lagi seefektif dulu, sebelum Google sering melakukan pembaruan. Namun frekuensi kata kunci masih menjadi bagian penting dari konten SEO. Hindari kesalahan seperti isian kata kunci, penyisipan kata kunci yang berlebihan.

6. Tautan

Tautan adalah laman yang ada dalam website kita. Yang kita ketahui bahwa ada banyak informasi dari luar halaman website kita. Tautan laman memberi tahu Google bahwa website kita memiliki konten bermanfaat yang dapat diakses orang di tempat lain. Konten ini bisa menjadi milik Anda atau bisa juga dari penulis atau situs lain.

Menghubungkan ke situs lain dan halaman adalah indikasi bahwa kita menghargai apa yang orang lain buat. Google akan menghargai kita karena selaras dengan misinya: mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal. Tim pemasaran yang baik akan sangat merekomendasikan untuk menghubungkan dengan tepat.

Aturan untuk menghubungkan ke situs lain tidak diatur terlalu rumit. Tidak ada aturan cepat untuk menghubungkan internal. Namun sebagai SEO Copywriting kita harus bisa meraih rangking yang tinggi dalam mesin pencari.

SEO Copywriting membutuhkan Copywriter. Yang biasanya dilakukan oleh copywriter adalah mencari kata kunci yang tepat. Lalu meneliti data yang ada. Kemudian menggunakan kedua hal tersebut untuk menghasilkan konten yang bermanfaat. Itu sebabnya mengapa copywiter menjadi salah satu faktor yang penting dalam optimasi mensin pencari atau SEO Copywriting.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun