Penulis: Stepanus Hendriyanto dan Allen Kristiawan
Kemasan produk merupakan sebuah wadah atau tempat yang berfungsi untuk mencegah dan meminimalkan kerusakan terhadap barang dagangan yang ada di dalamanya. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kemasan produk adalah sebuah lapisan pelindung yang terdapat dalam suatu barang yang merupakan hasil dari kegiatan pengemasan.
Kemasan merupakan salah satu kunci dalam menjaga kualitas produk, Kottler dan Amstrong (2012) "packaging involves designing and producing the container or wrapper for a product" yang berarti, kemasan melibatkan kegiatan mendesain dan memproduksi, untuk melindungi produk. Kemasan selalu melibatkan design agar pesan produk tersampaikan kepada konsumen, fungsi kemasan sendiri saat ini selain untuk melindungi produk juga berfungsi sebagai media pemasaran yang jitu.
Menurut Rudjito (2003) Mengemukakan bahwa pengertian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha yang punya peranan penting dalam perekonomian Negara Indonesia, baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari sisi jumlah usahanya.
Pada tanggal 10 mei 2023, peserta pengabdian masyarakat melakukan pelatihan kemasan produk kepada Ibu-ibu khususnya yang memiliki UMKM. Pelatihan ini diadakan di Desa Cipanjalu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pelatihan ini disampaikan oleh mahasiswa dari program studi Manajemen, Akuntansi, dan Psikologi.
Melalui pelatihan yang dilakukan langsung oleh para mahasiswa Universitas Kristen Maranatha diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman tentang cara membuat kemasan yang kreatif. Dalam kegiatan ini juga, selain praktik dalam pembuatan kemasan  diberikan pemaparan tentang penjelasan seperti copywriting, dan iklan. Pelatihan pembuatan kemasan produk ini bertujuan agar dapat mengembangkan kreativitas warga khususnya yang memiliki UMKM di Desa Cipanjalu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H