Mohon tunggu...
Stepanus WB Kapoda
Stepanus WB Kapoda Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Pencinta traveling dan kebudayaan yang jatuh hati pada jurnalisme.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Mendeteksi Kobohongan

25 Januari 2011   08:43 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:12 602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam dua pekan terakhir ini, kata "kebohongan" bergulir menjadi gempita politik. Pernyataan para tokoh lintas agama yang ditafsir oleh berbagai media sebagai tuduhan kebohongan publik pemerintahan SBY, telah menyulut sumbu  diskusi public mengenai prilaku dan klaim kalangan elite penyelenggara Negara yang ditenggarai banyak bohongnya.  Tepatkah istilah "kebohongan", dipakai menggambarkan pola tingkah komunikasi para pemimpin kita?

Simaklah reaksi para politisi kita, birokrat, termasuk penegak hukum kita dalam kasus Bank Century , pembunuhan direktur PT Putra Rajawali Banjaran, serta gonjang-ganjing kasus mafia pajak dan mafia peradilan. Adakah kita menyaksikan sosok yang suka bersilat kata, mengaburkan informasi dengan permainan kata bersayap, yang dibungkus dengan penampilan smart dan jargon-jargon yang canggih.

Littlejohn (2009) menjelaskan fenomena berbohong tingkat tinggi dengan mengutip Judee Burgon berikut:

"Para pemasar telah lama mengetahui dan para politikus serkarang menerapkannya, pentingya menambahkan dugaan yang cukup rendah, sehingga Anda dapat menyimpangkannya secara positif. Penyimpangan tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang negative. ..Triknya adalah dengan memastikan bahwa Anda cukup dihormati untuk memenuhi persyaratan sebagai pelaku komunikasi yang sangat menyenangkan, sehinggga Anda dapat menyimpangkan dugaan dengan aman..."

Kebohongan, dalam arti berbohong dan dibohongi, adalah pengalaman sangat umum interaksi kita sehari-hari. Sedemikian, sehingg kita mempunyai banyak sekali istilah yang sepadan. Berbohong adalah tindakan berdalih, berhelat, berkilah, berlik, berpura-pura, membohong, membual, mencari-cari ala an, mendusta, mengada-ada, mengarut. (Tesaurus Bahasa Indonesia].


Ada kecenderungan sikap permissive pada prilaku kebohongan, terutama di tingkat personal karena dianggap tidak berdampak sosial secara nyata. Tetapi, dalam tataran elite,"kebohongan" jauh lebih kompleks. Kepiawaian dan kecanggian cara berbohong kaum elite sesungguhnya suatu kejahatan, karena selain berdampak luas juga mencederai kepercayaan publik.


Dalam terminologi komunikasi, "berbohong" adalah tindakan komunikasi yang memanipulasi informasi, perilaku dan citra pelakunya. Sebagai pelaku komunikasi, pembohong (orang yang berbohong) menggunakan banyak kendali atas semua perilakunya, tetapi bersamaan dengan itu, tetap saja ada bagian yang diluar kendalinya, yang bisa dicurigai penerima sebagai tanda-tanda kebohongan.

Dalam komunikasi timbal balik itu, pengirim yang berbohong cenderung akan dihantui ketakutan. Sementara penerima akan cenderung menjadi curiga. Tingkat ketakutan pembohong serta tingkat kecurigaan penerima, menentukan kemampuan deteksi kebohongan yang terjadi. Karena itu, bukan hal yang mengherankan jika sekarang ini semakin semakin public merasa dibohongi, kebohongan di negeri ini pun semakin terang-benderang.

Teori Kebohongan

Judee Burgon adalah teoritisi komunikasi yang bersama koleganya memperkenalkan Teori Kebohongan Interpersonal (Interpersonal-Deciption Theory). Buller dan Burgon meneliti kebohongan sebagai bagian dari interaksi yang terus berlanjut antarpelaku komunikas yang maju dan mundur, dalam arti melibatkan pengirim dan penerima timbal balik. Pengirim pesan bohong biasanya penasaran  apa kebohongannya berhasil atau tidak. Penerima mungkin saja melihat tanda-tanda yang membuatnya  memliliki alasan untuk curiga.

Dalam teorinya, Buller&Burgoon mengatakan kebohongan melibatkan manupulasi informasi, perilaku dan citra seseorang yang dilakukan dengan sengaja untuk membuat orang memercayai kesimpulan atau keyakinan yang palsu. Seseorang yang berbohong, akan menggunakan perilaku yang mengaburkan informasi yang sebenarnya, atau memberi informasi yang tidak lengkap, tidak berhubungan, tidak jelas atau tidak langsung. Namun, penerima sering kali mengetahui penggunaan strategi ini dan dapat curiga bahwa mereka sebenarnya tengah dibohongi. Pelaku komunikasi yang berbohong dalam tingkat yang bervariasi mengalami ketakutan.

Ketakutan dan kecurigaan dalam kaitan kebohongan ini dapat menyebabkan munculnya perilaku yang diatur secara strategis. Tetapi bersamaan dengan itu, akan muncul menampakkan diri dalam prilaku-prilaku nonstrategis atau prilaku yang tidak termanipulasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun