Mohon tunggu...
Stella Zefanyaa
Stella Zefanyaa Mohon Tunggu... Lainnya - 20 Y.O

Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perubahan Sosial Akibat Kesenjangan Ekonomi pada Pembelajaran Daring

20 Maret 2021   20:55 Diperbarui: 20 Maret 2021   21:11 780
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semenjak masuknya pandemi covid-19 di Indonesia yang memberikan banyak dampak dalam kegiatan manusia, salah satunya pembelajaran yang dilakukan secara daring. hal ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. pembelajaran daring dilakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

akibat dari adanya perubahan ini adalah dengan timbulnya kesenjangan besar yang terjadi pada dunia pendidikan. pada artikel berita yang berjudul Kesenjangan Pendidikan Antara Murid Kaya dan Miskin Semakin Besar Selama Pandemi (merdeka.com, 2021) menjelaskan bahwa terjadi kesenjangan yang sangat menonjol terutama antara murid yang berasal dari keluarga kaya dan murid keluarga menengah/ miskin. pembelajaran daring menjadi salah satu pilihan pada bidang pendidikan pada masa pandemi ini. namun, tidak semua murid memiliki akses atau fasilitas belajar secara daring.

kondisi ekonomi saat ini mempengaruhi pembelajaran jarak jauh. seperti tidak mampu membeli kuota, kesusahan sinyal dan lain-lain. selain itu, banyak murid dan guru yang tidak memiliki alat memadai untuk melakukan pembelajaran secara daring. tidak semua siswa dan guru memiliki gadget atau laptop, dan tidak jarang juga mereka memiliki gadget namun tidak bisa mendownload aplikasi zoom meeting atau google meeting sebagai sarana pembelajaran daring. dan kasus paling parah adalah masih banyak ditemukan guru dan murid yang tidak memiliki akses sama sekali. mereka tinggal di wilayah yang susah sinyal dan tidak memiliki gadget atau laptop.

Perubahan sosial menurut Selo Soemarjan adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap dan perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. namun, tidak semua perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat mengalami kemajuan, bisa juga mengalami kemunduran.

pada contoh kasus yang dijelaskan diatas, hal tersebut merupakan perubahan sosial yang mengalami kemunduran. sebelumnya, aktifitas belajar mengajar berjalan dengan baik. namun, semenjak adanya pandemi, aktifitas belajar mengajar semakin sulit. pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka. seperti yang kita ketahui, pembelajaran secara daring memiliki banyak gangguan seperti susahnya sinyal, sulit dijangkau oleh beberapa masyarakat tertentu, minim kuota dan lain-lain.

akibat adanya perbedaan ekonomi pada aktifitas belajar mengajar di pandemi ini, menimbulkan perubahan sosial yang dilihat dari keefektifan dalam proses belajar mengajar. murid dan guru yang mengalami kesusahan ekonomi dan akses tidak bisa melakukan proses belajar mengajar secara baik dan lancar seperti mereka yang tidak memiliki masalah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring ini sehingga mereka tidak mendapatkan materi dan tidak  bisa mengikuti kegiatan pembelajaran secara baik. Karl Max pada konsep economic structure berpendapat bahwa penggerak perubahan yang akan memimpin perubahan adalah termasuk proses perubahan sosial dan lingkungan ekonomi menjadi dasar segala perilaku masyarakat.

Pengaruh ekonomi masyarakat yang rendah termasuk dalam kategori kemiskinan struktural menurut Chamber dan Nasikun yaitu situasi miskin karena rendahnya akses terhadap sumber daya yang terjadi dalam suatau sistem sosial dan kerap menyuburkan kemiskinan.

kesenjangan antara murid dari keluarga kaya dan murid dari keluarga miskin pada kegiatan pembelajaran daring ini berkaitan dengan teori perubahan sosial yaitu teori perubahan sosial dahrendorf. Teori ini melihat perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur kelas sosial yang berakibat pada nilai. adanya perubahan struktur sosial dan perubahan sosial dari kegiatan pembelajaran saat pandemi dan kesenjangan ekonomi di dalamnya menjadi konflik dari segi ekonomi. akibat adanya kesenjangan ekonomi antara warga kelas atas dan warga menengah kebawah pada masa pandemi ini mengakibatkan perubahan sosial dalam pendidikan yang saling bertabrakan. murid dan guru kelas menengah ke atas dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara daring dengan baik. berbeda dengan warga kelas bawah yang memiliki banyak gangguan dalam menjalankan kegiatan pembelajaran secara daring.

DAFTAR PUSTAKA

Merdeka.com. (2021). Kesenjangan Pendidikan Antara Murid Kaya dan Miskin Semakin Besar. Selama Pandemi. Diakses pada 20 Maret 2021, dari 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun