Mohon tunggu...
steffany indahpratiwi
steffany indahpratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

aku suka mendengarkan musik, sesuatu yang seru!, sambil sedikit menari. aku seseorang yang tegas dengan apapuun pilihan yang udah aku pilih, tidak gampang untuk mengubah pilihan. aku seseorang yang banyak bicara kepada orang terdekat. kekurangan yang sudah sangat jelas pada diriku adalah ceroboh.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sains Informasi Jurusan Satu-satunya di Indonesia!

31 Oktober 2023   21:11 Diperbarui: 31 Oktober 2023   22:15 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

halo temen temen semua

aku salah satu mahasiswa prodi sains informasi dari upnvj, aku izin mau memperkenalkan tentang prodi sains informasi

sebelum masuk ke perkenalan tentang sains informasi, aku akan sedikit menjelaskan kenapa aku bisa memilih dan kemudian masuk di prodi ini.

aku bersekolah di SMA dengan jurusan MIPA, pelajaran yang aku sukai adalah TIK( Teknologi Informasi dan Komunikasi ), matematika, dan bahasa Indonesia. Saat aku memilih prodi sains informasi sebenarnya bukan pilihan utamaku, prodi pilihanku adalah sistem informasi, tapi setelah aku cari tau  bahwa prodi sains informasi terdapat beberapa kesamaan pada belajarnya seperti berhubungan dengan komputer, salah satunya coding. Selain itu, karena sains informasi ini  masih jarang di Indonesia jadi prospek kerjanya luas.

Oke masuk ke perkenalan sains informasi

temen-temen ada yang udah pernah denger apasih sains informasi itu belum?

Sains informasi itu bidang atau ilmu yang mempelajari proses informasi mengenai data, ilmu computer, sistem informasi, literasi digital, ilmu perpustakaan. Sebenarnya sudah ada beberapa jurusan sains informasi di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, tetapi selalu berdampingan dengan yang lain, seperti sains informasi dan ilmu perpustakaan contohnya. Sedangngkan di UPN Veteran Jakarta hanya menjurus pada sains informasi saja. Sains informasi ini merupakan respon dari suatu era digital seperti saat ini yang telah mengubah segala sesuatu menjadi lebih canggih dengan memanfaatkan segala teknologi digital yang sudah ada. Mata kuliah program studi informasi pada semester 1 yang ada di UPNVJ antara lain; Teknologi Informasi dan Sains Data (TISD), Literasi Dital, Dasar-dasar Ilmu Sosial (DDIS), dan Pengantar Ilmu Informasi. Tentu kedepannya akan ada mata kuliah program studi lebih banyak yang diperuntukkan agar menambah pengetahuan dan keahlian siswa.

Karena temen-temen aku rasa udah punya gambaran tentang sains informasi, sekarang aku mau ngasih tau beberapa prospek kerja apa aja yang bisa kamu ambil sesui jurusan sains informasi

  •  Jaringan Administator
  • Analis sistem
  • Pengembangan Perangkat Lunak
  • Analilis Data
  • Ahli arsip
  • Pusat data dan informasi

Dan lain sebagainya

Itu saja sedikit penjelasan dari aku mengenai perkenalan tentang jurusan Sains Informasi. Semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen

THANKS A LOT FOR READING GUYS! Have a nice day

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun