Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Universitas Semarang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2024 dengan peserta pelaku Forum UMKM di Kecamatan Mranggen kabupaten Demak yang berjumlah 30 orang.
Tujuan dari adanya Strategi pemasaran adalah untuk membantu masyarakat terutama home industry termasuk juga UMKM dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari.Â
Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.
Dalam hal ini UMKM menjadi suatu hal yang menarik bagi kalangan masyarakat dan memang dengan UMKM dapat menjadi suatu pendorong ekonomi yang memiliki peran yang luar biasa.Â
Dengan adanya penerapan strategi pemasaran online melalui media online dan market place maka UMKM dapat menerapkan  bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui digital marketing online.
Beberapa  hal  tersebut  perlu  segera  diselesaikan  melalui  kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat sebagai salah satu program untuk membantu memberikan solusi bagi UMKM.Â
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) yang telah dilaksanakan ini juga merupakan salah satu wadah untuk membantu pelaku usaha  UMKM  di kecamatan Mranggen kabupaten Demak melalui  program  kerja  pelatihan  serta  pendampingan  para UMKM  diharapkan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan, sehingga para UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak dapat berkembang menjadi besar.
Khalayak  sasaran  di  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  adalah  para  pelaku UMKM dalam wadah kelompok UMKM yang diberi nama Forum UMKM yang tersebar di 19 desa di kecamatan Mranggen kabupaten Demak.
Sedangkan jenis UMKM yang selama ini dilakukan oleh warga di kecamatan Mranggen kabupaten Demak terbagi menjadi beberapa sektor makanan dan minuman, kuweh (basah dan kering), sembako, sayuran fashion dan jasa.
Berdasarkan pra survey ditemukan para UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak ini menemui kendala dalam mengembangkan usahanya yang berkaitan dengan bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui digital marketing online.Â
Maka  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat ini dapat dibuat rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan usaha UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat.Â