Mohon tunggu...
Stefani VaneisyaMaharani
Stefani VaneisyaMaharani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

saya tertarik dengan dunia fotografi

Selanjutnya

Tutup

Analisis

MD Entertainment: Strategi Manajemen Media di Era Digital

1 Oktober 2024   02:08 Diperbarui: 1 Oktober 2024   02:08 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Multi Dimensia (MD) Entertainment merupakan perusahaan besar yang bergerak dalam industri media dan hiburan. Perusahaan dengan komitmen untuk kreativitas dan berdedikasi dalam bidang entertainment ini didirikan oleh Dhamoo Punjabi bersama Manoj Punjabi anaknya di tahun 2003. Manoj Punjabi, CEO MD Entertainment sekaligus produser film dan series, mengembangkan MD Entertainment menjadi beberapa unit bisnis diantaranya MD Entertainment, MD Pictures, MD Animation, dan MD Music. Nama MD Entertainment telah dikenal publik bahkan menjadi pemimpin pasar di industri media karena karya hasil produksinya. Berbagai karya produksi MD Entertainment seperti film, series, animasi, musik, dan serial TV berhasil mencapai puncak kesuksesan. Kesuksesannya semakin diakui masyarakat bahkan mancanegara ketika MD Entertainment menjadi pionir perusahaan film pertama sebagai perusahaan publik dan tercatat di Bursa Efek Indonesia, dilansir dari web milik MD Entertainment.  Film dan series produksi MD Entertainment masuk dalam deretan box office.

MD Entertainment selalu memperhatikan tren pasar dan perubahan preferensi audiens. Dilansir dari Kontan.co.id, tren digital menjadi faktor yang memengaruhi strategi produksi dan pemasaran MD Entertainment yang disertai dengan tuntutan untuk dapat menjangkau audiens di berbagai platform digital. Memperhitungkan peluang melalui analisa pasar perlu dilakukan MD Entertainment, mengingat industri hiburan persaingannya sangat kompetitif. Perusahaan akan stuck dan permintaan pasar tidak terpenuhi jika tidak bisa beradaptasi dengan berbagai kemungkinan perubahan dalam media khususnya industri hiburan. Dibandingkan sinetron, film dan web series saat ini dijadikan sebagai fokus utama dari MD Entertainment. Penyebabnya datang dari adanya peralihan pola konsumsi masyarakat dari media konvensional ke platform digital khususnya untuk streaming video seperti platform Netflix, Iflix, Viu,  dan WeTV.

MD Entertainment memproduksi karya-karya dengan mempertimbangkan pengelompokkan target audiens. Web series dan film untuk remaja hingga dewasa sedangkan sinetron untuk kalangan generasi milenial hingga generasi baby boomer. Namun, disisa tahun 2024 ini, target audiens utama MD Entertainment bervariasi menyesuaikan genre yang banyak disukai audiens, seperti kalangan remaja hingga dewasa yang tertarik dengan cerita yang mendalam dan emosional. Pasar industri media hiburan saat ini didominasi oleh audiens Gen Z, yang di mana sebagian besar aktivitas mereka berpusat pada platform digital. Audiens cenderung memilih konten yang on-demand.

Popularitas platform streaming di era yang serba digital semakin meningkat, terlebih mayoritas audiens lebih condong terhadap konten on-demand. Respon MD Entertainment terhadap fenomena ini yaitu dengan menciptakan konten digital melalui MD Pictures. Selain itu, MD Entertainment mencoba memperluas jangkauan audiensnya tidak hanya dalam negeri saja, tetapi juga dalam kancah internasional. Hal itu mendorong MD Entertainment untuk berkolaborasi dengan berbagai platform streaming baik lokal maupun global. Jangkauan audiens yang lebih luas di berbagai platform menjadi tujuan dari MD Entertainent, tetapi tetap berfokus pada cerita dan produksi film yang berkualitas. Promosi aktif juga terus dilakukan perusahaan sebagai upaya memperluas pasar. Promosi ini memanfaatkan media sosial seperti Instagram, X, dan TikTok milik MD Entertainment.

Strategi lain yang dimiliki oleh MD Entertainment untuk mengembangkan bisnis perusahaan adalah mengakuisisi 80,05% saham NET TV . Adanya akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan minimal sebesar 20% bagi MD Entertainment, dilansir dari detikfinance. Akuisisi juga dapat meningkatkan akses Perseroan atas saluran distribusi televisi. Berbagai strategi telah diupayakan MD Entertainment dalam menghadapi tantangan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih.

MD Entertainment sebagai salah satu raksasa industri hiburan mampu terus berkembang dan berevolusi melalui manajemen yang adaptif, inovatif, dan selalu berorientasi pada pasar. Persaingan yang ketat dalam industri media hiburan, mendorong perusahaan untuk terus mengikuti perubahan baik secara teknologi maupun selera audiens dengan tetap mengutamakan kualitas produksi dari kontennya. Kesuksesan MD Entertainment membuktikan pentingnya beradaptasi atas kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, dari segi teknologi atau perubahan pola konsumsi audiens. Penentu keberhasilan MD Entertainent di masa yang akan datang terlihat dari bagaimana kemampuan MD Entertainment untuk selalu berinovasi dengan perubahan tren yang tidak pasti.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun