Mengirim lamaran kerja bisa dilakukan melalui portal lowongan kerja, Linkedin, media sosial, hingga dikirim melalui email. Lantas, bagaimana cara mengirim lamaran kerja melalui email?
Lamaran kerja adalah kumpulan berkas yang biasanya dibutuhkan saat seseorang melamar pekerjaan. Untuk melamar kerja, seseorang setidaknya harus memiliki riwayat hidup atau curriculum vitae, yaitu dokumen yang berisikan data diri dan riwayat hidup seseorang saat bersekolah maupun bekerja.
Singkatnya, CV adalah dokumen pertama yang akan dilirik oleh rekruiter. Jika tahap awal berhasil membuat rekruiter tertarik, maka besar kemungkinan bagi kamu untuk menerima informasi mengenai tahap selanjutnya.
Oleh karena itu, tahap awal berupa mengirim lamaran kerja tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jika lamaran kerja dikirimkan melalui email, pastikan hal-hal berikut sudah kamu siapkan.
Baca juga:Â 5 Portal Job Terbaik untuk Mencari Kerja
Cara kirim lamaran kerja melalui email; Apa saja yang perlu disiapkan?
Persiapan untuk melamar kerja meliputi hal-hal berikut;
- Memiliki CV yang sudah di-update. Pastikan CV-mu sudah diupdate dengan membaca artikel "Cara Update CV Biar Lamaran Kerjamu Dilirik Rekruiter"
- Persiapkan berkas/dokumen penting yang menunjang informasi CV-mu, seperti: transkrip nilai dan ijazah
- Selain CV, transkrip nilai, dan ijazah, komponen penunjang lainnya saat melamar kerja adalah memiliki portofolio dan sertifikat kerja/sertifikat pelatihan/sertifikat magang
Baca juga:Â Mahasiswa Bisa Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja