Mengirim lamaran kerja bisa dilakukan melalui portal lowongan kerja, Linkedin, media sosial, hingga dikirim melalui email. Lantas, bagaimana cara mengirim lamaran kerja melalui email?
Lamaran kerja adalah kumpulan berkas yang biasanya dibutuhkan saat seseorang melamar pekerjaan. Untuk melamar kerja, seseorang setidaknya harus memiliki riwayat hidup atau curriculum vitae, yaitu dokumen yang berisikan data diri dan riwayat hidup seseorang saat bersekolah maupun bekerja.
Singkatnya, CV adalah dokumen pertama yang akan dilirik oleh rekruiter. Jika tahap awal berhasil membuat rekruiter tertarik, maka besar kemungkinan bagi kamu untuk menerima informasi mengenai tahap selanjutnya.
Oleh karena itu, tahap awal berupa mengirim lamaran kerja tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jika lamaran kerja dikirimkan melalui email, pastikan hal-hal berikut sudah kamu siapkan.
Baca juga:Â 5 Portal Job Terbaik untuk Mencari Kerja
Cara kirim lamaran kerja melalui email; Apa saja yang perlu disiapkan?
Persiapan untuk melamar kerja meliputi hal-hal berikut;
- Memiliki CV yang sudah di-update. Pastikan CV-mu sudah diupdate dengan membaca artikel "Cara Update CV Biar Lamaran Kerjamu Dilirik Rekruiter"
- Persiapkan berkas/dokumen penting yang menunjang informasi CV-mu, seperti: transkrip nilai dan ijazah
- Selain CV, transkrip nilai, dan ijazah, komponen penunjang lainnya saat melamar kerja adalah memiliki portofolio dan sertifikat kerja/sertifikat pelatihan/sertifikat magang
Baca juga:Â Mahasiswa Bisa Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja
Jangan lupa lampirkan cover letter dan body email saat mengirim lamaran kerja melalui email
Selanjutnya, cara mengirim lamaran kerja melalu email juga harus mempersiapkan cover letter dan mengisi boy email. Cover letter lamaran krja adalah pengantar awal yang berisikan perkenalan dan alasan mengapa kamu melamar kerja di perusahaan tersebut.
Sedangkan body email mirip dengan cover letter namun isinya lebih singkat dan berisikan perkenalan.Â
- Perkenalan; nama, asal, jurusan kuliah, pengalaman magang/kerja, dan pengalaman organisasi. Selain itu kamu juga bisa menceritakan sedikit mengenai kegiatan yang kamu lakukan di waktu luang.
- Cover letter juga berisikan alasan mengapa kamu memilih untuk melamar kerja di perusahaan tersebut. Bagian ini sangatlah penting karena kamu akan mengulas secara singkat mengenai skill/kemampuan yang kamu miliki yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.
- Di akhir cover letter, sampaikan harapan dan niat baikmu untuk bergabung di perusahaan tersebut.
Baca juga:Â Hindari Penipuan, Cek Perusahaan Sebelum Melamar Kerja
Cara kirim email lamaran kerja
Jika komponen di atas sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mengirim email untuk melamar kerja.
- Pastikan alamat tertuju sudah benar. (informasi alamat email pasti tertera di poster lowongan kerja) pastikan juga alamat yang dituju adalah email resmi perusahaan.
- Isi body email dengan perkenalan
- Lampirkan dokumen lamaran kerja seperti: cover letter, CV, transkrip nilai, ijazah, dan portofolio.
Beberapa perusahaan kadang hanya meminta dikirimi CV dan portofolio saja melalui email. Pastikan semua persyaratan sudah benar dan sesua dengan kualifikasi yang dilampirkan saat menemukan lowongan kerja.
Setelah itu, kirim email lamaran kerja dan tunggu hingga ada konfirmasi tahap selanjutnya dari rekruiter.
Itulah cara mudah mengirim lamaran kerja melalui email. Selamat mencoba dan semoga berhasil!Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H