Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... Mahasiswa - K-drama Enthusiast

Mahasiswa (pejuang tugas akhir) program studi Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pomodoro Technique: Kiat Sukses Mencegah Burn Out Saat Bekerja

19 Mei 2021   02:14 Diperbarui: 20 Mei 2021   13:44 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pomodoro Technique: Kiat Sukses Mencegah Burnout Saat Bekerja (Pexels)

Tidak dipungkiri jika tugas dan pekerjaan menumpuk, maka salah satu risiko buruk yang dialami adalah burnout. Seperti yang pernah saya ulas di artikel "Burnout Karena Pekerjaan? Berikut Solusinya!", burn out adalah situasi dimana seseorang mencapai tahap terlalu lelah dengan segala pekerjaan dan tanggung jawab. 

Ciri-ciri burn out yang seringkali terjadi adalah sebagai berikut:

  • Kelelahan secara fisik dan mental. Pekerjaan yang menumpuk membuat gairah bekerja menjadi hilang.

  • Kehilangan fokus dan memiliki beban lembur pada pekerjaan.

  • Terlalu fokus dengan pekerjaan dan melupakan keseimbangan hidup.

Tidak hanya dialami oleh pekerja, burn out juga dialami oleh para pelajar yang tengah belajar mempersiapkan ujian dan mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi.

Selain berolahraga dan menghindari begadang, ada salah satu teknik mencegah burn out adalah menerapkan 'pomodoro technique'. 

Baca juga: Belajar Lebih Fokus dan Efektif Menggunakan Teknik Pomodoro oleh Sally RMDJ

Apa itu pomodoro technique?

Pomodoro technique atau teknik pomodoro adalah strategi manajemen waktu yang dikembangkan oleh Fransesco Crillio di akhir tahun 1980-an.Pomodoro adalah kata yang diadaptasi dari bahasa Italia yang asrtinya tomat. 

Hal tersebut dikarenakan ada jam weker yang berbentuk tomat yang biasanya sering digunakan sebagai media pembelajaran di kampus.

Ilustrasi sedang fokus bekerja (Pexels)
Ilustrasi sedang fokus bekerja (Pexels)
Teknik pomodoro dikenal sebagai salah satu strategi manajemen waktu yang termasuk berhasil membantu seseorang dalam mengatasi pekerjaan dan tugas yang dirasa menumpuk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun