Mohon tunggu...
Stefani P
Stefani P Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Surat Terbuka Online Shop Akun Instagram @woohoo_jkt

26 Januari 2017   22:52 Diperbarui: 7 Juli 2017   14:29 1617
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat malam semuanya,

Bagi para netizen pecinta sepatu, pasti sudah tidak asing dengan akun Instagram yang berjualan sepatu atau sneakers, salah satu akunnya yaitu @woohoo_jkt

Disini, saya tidak membahas tentang sepatu yang dijual oleh @woohoo_jkt melainkan pelayanan yang diberikan oleh @woohoo_jkt yang sangat tidak menyenangkan dan cenderung kepada modus penipuan.


Pada tanggal 29 Desember 2016, saya melakukan transaksi pembelian sepatu online di Instagram milik akun @woohoo_jkt. Sebelum melakukan transfer ke rekening BCA 0919008832 a/n TINA MALINDA HARAHAP sudah tercapai kesepakatan antara saya sebagai pembeli dan admin LINE @woohoo_jkt sebagai penjual, bahwa barang yang saya pesan yaitu Adidas Neo Baseline "White/Pearl" akan dikirimkan menggunakan gojek di hari yang sama saat saya melakukan pembayaran ke rekening BCA 0919008832 a/n TINA MALINDA HARAHAP.

chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (02)
chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (02)
chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (03)
chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (03)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (04)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (04)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (05)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (05)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (06)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (06)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (07)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (07)
Saya sudah menunggu proses pengiriman oleh @woohoo_jkt sampai pukul 20.15 WIB, akan tetapi chat saya baru ditanggapi oleh @woohoo_jkt keesokkan harinya, tanggal 30 Desember 2016 dengan permintaan maaf. Pada chat tersebut, pihak penjual yaitu @woohoo_jkt juga menjanjikan untuk melakukan pengiriman barang saya berupa sepatu pada hari tersebut.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (08)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (08)
Sampai pada pukul 13.54 WIB barang saya tidak kunjung tiba dan chat saya tidak ditanggapi oleh pihak @woohoo_jkt. Pukul 18.37 WIB saya menanyakan kembali tentang pengiriman gojek yang dijanjikan oleh @woohoo_jkt.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (09)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (09)
Chat saya tidak ditanggapi sama sekali oleh @woohoo_jkt dan pada pukul 01.02 WIB saya meminta agar sepatu saya dikirimkan sebelum 31 Desember 2016 pukul 14.00 WIB atau jika tidak memungkinkan, saya meminta refund dari @woohoo_jkt. Tidak sampai 1 jam, @woohoo_jkt sudah menanggapi chat saya dan meminta no rekening saya.

Sempat menjadi pertanyaan saya, mengapa chat yang sudah saya kirimkan dari 30 Desember 2016 pukul 13.54 WIB baru ditanggapi setelah hampir 12 jam. Logikanya, jika @woohoo_jkt tidak memiliki itikad buruk dan merupakan online shop terpercaya dengan chat LINE yang menumpuk, saya yang selalu melakukan re-chat tidak mungkin ada pada posisi paling bawah untuk langsung dibalas. Akan tetapi, setelah saya menentukan deadline pengiriman barang dan refund, admin @woohoo_jkt langsung menanggapi chat saya. Agak aneh ya?

Pada tanggal 31 Desember 2016, saya menunggu paket barang yang seharusnya dikirimkan oleh @woohoo_jkt. Akan tetapi, hingga pukul 15.00 WIB tidak ada paket yang datang dan tidak ada konfirmasi dari pihak penjual yaitu @woohoo_jkt apakah barang akan dikirim atau di-refund. Hari itu juga, saya bertanya tentang refund yang dijanjikan oleh @woohoo_jkt. Saya sadar ada terms and condition yang diberlakukan oleh @woohoo_jkt bahwa waktu re-fund membutuhkan 4 hari kerja.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (10)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (10)
Saat itu, bertepatan dengan tahun baru dan pihak penjual yaitu @woohoo_jkt tidak memberikan informasi tentang hari kerja mereka, sehingga pada tanggal 03 Januari 2017, saya melakukan chat lagi untuk bertanya tentang refund  yang dijanjikan oleh pihak penjual yaitu @woohoo_jkt.
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (11)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (11)
Dari pihak @woohoo_jkt hanya memberikan balasan klasik para penjual yaitu sudah diberikan laporan refund-nya kepada admin. Saya masih mencoba bersabar dan tidak langsung memiliki kesimpulan bahwa @woohoo_jkt melakukan penipuan. Pada tanggal 08 Januari 2017 pukul 13.31 WIB, saya mencoba berkomunikasi lagi dengan @woohoo_jkt melalui media sosial LINE dengan user ID: woohoojkt.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun