Dalam salah satu kegiatan penggantian rektor, slide ini ditampilkan. Ini menarik. Karena bukan hanya organisasi atau perusahaan, tapi bahkan kampus, universitas pun menganggap delapan prinsip ini sangat penting. Mari kita lihat apakah delapan hal ini juga sesuai dengan tempat anda berusaha.
Pertama, Runs in the cloud.Â
Tidak dapat dipungkiri, sekarang perusahaan dan organisasi telah beralih ke cloud. Penggunaan cloud tidak hanya untuk menyimpan data, tapi juga mendukung operasional mereka. Perusahaan yang semakin cepat beralih ke cloud maka akan semakin cepat juga bertahan, terutama sewaktu masa pandemi kemarin. Maka tidak heran, bisnis cloud (dan data center) berkembang sangat pesat dalam lima tahun terakhir.Â
Apakah anda sudah gunakan cloud? Bila belum, maka belum terlambat. Meskipun memang tidak semua workload diserahkan ke cloud, tapi sebagian besar bahkan sudah ada di cloud. Dengan cloud, maka perusahaan dan organisasi menjadi lebih efisien, itu goalnya.
Kedua, Innovation Anywehere.
Inovasi. Ya, perusahaan, organisasi harus terus berkembang, dan caranya berkembang adalah berinovasi. Inovasi ini bisa berarti menggunakan daya, cipta untuk mencapai kemandirian. Inilah juga yang menjadi core-value dari group usaha kami. Inovasi tidak akan membuat perusahaan bangkrut, tapi justru sebaliknya, dengan inovasilah kita akan menjadi yang terdepan.Â
Yang menariknya, inovasi dimanapun, dalam unit kerja apapun, orang dapat mengembangkan inovasi. Inovasi juga berarti kemampuan kita harus tetap update dengan kondisi terbaru, dan memikirkan pola kerja, pola pikir baru. Inovasi adalah tulang punggung kemajuan organisasi.
Ketiga, Tells Stories.
Menjadi perusahaan yang 'terbuka', organisasi yang mudah 'dilihat' dari luar menjadi tantangan tersendiri. Dan semakin banyak sekarang perusahaan dan organisasi, baik kecil sampai besar, menggunakan berbagai cara menyampaikan 'cerita' mereka. Dulu hanya urusan bagian marketing, sekarang tidak. Semua terlibat membangun cerita tentang organisasinya. Sosial media menjadi salah satu cara tercepat dan terdepan menyampaian cerita tentang perusahaan dan organisasi.
Keempat, Democrative Learning.