Setelah melihat opsi terkait dengan ADAPT di tulisan sebelumnya, kita masuk ke yang berikutnya yaitu MODIFY. Sesuai dengan artinya, modify artinya berubah. Apa yang bisa rubah.
Coba sekarang cek di produk dan jasa anda yang telah ada, apa yang bisa dirubah :
- Bagaimana bisa diubah menjadi lebih baik?
- Apa yang bisa dimodifikasi?
- Apa ada hal yang baru?
- Mengubah arti, warna, gerakan, suara, bau, bentuk?
- Mengganti warna?
Perubahan lain?
-
Perubahan apa yang dapat dibuat dalam rencana? Dalam proses? Dalam pemasaran?
Bentuk apa lagi yang bisa dibuat? Kemasan apa lagi?
Dapatkah kemasan dikombinasikan dengan bentuknya?
Banyak yang akan kita dapatkan dari explorasi ide dengan memperhatikan pertanyaan diatas. Saya sendiri menemukan beberapa produk dan jasa yang bisa dirubah dengan pendekatan baru.Â
Baik anda yang memiliki usaha yang telah ada, ataupun usaha yang baru dimulai, silahkan gunakan pendekatan SCAMPER ini untuk menggali ide produk dan jasa anda.Â
Saya juga membahasnya dalam webinar saya sebelumnya untuk komunitas startup. Silahkan ditonton juga dibawah ini.Â
Yang menarik, untuk startup, terutama digital startup, pendekatan MODIFY ini yang paling banyak dipakai. Tapi tidak semuanya tepat, maka coba ujilah kembali ide-ide anda dalam pengembangan produk dan jasa.