Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Business Development 101: Analisa Posisi SWOT Anda

11 Agustus 2021   12:12 Diperbarui: 11 Agustus 2021   12:22 742
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Isi Bisnis Plan lakukan Analisa SWOT. DokPri

Salah satu kendala dari UMKM adalah melakukan evaluasi atas kondisi SWOT usahanya. Hal ini disampaikan dalam webinar Pentingnya Business Plan dalam Menjalankan Bisnis di tanggal 4 Agustus 2021. Dalam webinar rutin dari Rumah BUMN Bandung, pembicaranya kali ini adalah Djoko Kurniawan, konsultan UMKM senior. 

Isi Business Plan, dalam Business Development yang anda buat harus menyertakan analisa SWOT. SWOT adalah singkatan dari Strength (Kelebihan), Weakness (Kekurangan) , Opportunity (Peluang) dan Threat (Ancaman). 

Penggunaan SWOT ini sangat penting karena akan menentukan bisnis yang anda ambil, jalani dan rencana dilakukan masuk ke dalam posisi yang mana ? Ada 4 posisi yang mungkin muncul, yaitu :

  1. Posisi SO (Strength - Opportunity). Posisi yang yang paling baik, yaitu adanya kelebihan dan ada peluang. Bisnis yang saat ini memiliki kondisi seperti ini sebagai contoh adalah alat kesehatan, vitamin, semua tumbuh pesat di masa pandemi.
  2. Posisi ST (Strength - Threat). Posisi kedua, ada kelebihan tapi ada ancaman. Ada kemungkinan bisnisnya bisa bertumbuh, tapi ada ancaman yang harus diwaspadai. Semisal, usaha kuliner , ada yang bisa dibuka dan berkembang cabangnya di masa pandemi, tapi ada ancaman yang harus dipersiapkan. Ada kawan yang berusaha membuka warung kopi, karena posisinya tidak di dalam mall, maka dia masih dengan mudah bisa menerima order dan bekerjasama dengan jasa antaran online, tapi ancaman PPKM yang menyebabkan tempat usahanya harus tutup sementara menjadi faktor Threatnya.
  3. Posisi WO (Weakness - Oppportunity). Posisi ini umumnya dialami oleh perusahaan, atau usaha yang sudah berjalan. Semisal usaha bidang komputer yang mengalami kekurangan bila mereka berusaha di mall atau tempat yang harus tutup selama pandemi, tapi ada peluang mereka bisa kembangkan dengan cara jualan online di marketplace.
  4. Posisi WT (Weakness - Threat). Posisi ini yang paling memusingkan. Sudah mengalami kekurangan, mereka juga menghadapi ancaman. Mereka yang berusaha seperti event organizer weeding yang terpaksa mengurangi karyawan karena tidak ada lagi pesta pernikahan hampir dua tahun ini.

Sangat penting mempersiapkan SWOT bagi usaha anda, dan kita bisa belajar dan mempersiapkan business plan, serta business development yang lebih baik lagi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun