Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Semua Akan Millenial pada Waktunya

28 Mei 2021   08:43 Diperbarui: 28 Mei 2021   08:48 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sudah setahun lebih pandemi kita lalui, apa yang menjadi sangat umum di masa pandemi ini ? Whatsapp, Video Call, hingga Video conferencing. Semua ini seolah menjadi hal yang biasa. Padahal sebelumnya tidak sama sekali. 

Siapa yang sangka, dalam waktu singkat, semua orang sudah bisa gunakan whatsapp, tidak hanya untuk mengirim pesan dan gambar, tapi juga berkomunikasi video secara online. Saya ingat benar, tahun 2004, mengunjungi Korsel karena mencari solusi dan teknologi atas komunikasi video melalui telepon ini, dan mereka disana sudah menggunakannya. 

Pandemi mempercepat semua proses ini, dan semua orang mendadak fasih gunakan whatsapp, video call hingga zoom. Maka tidak heran, istilah zoom-me, zoom meeting, hingga zoominkem dan zoom-halbil kemarin sempat viral. 

Lalu, apa lagi yang berubah ? Selain cara berkomunikasi. Tetap ada sebagian orang tetap gunakan suara untuk berkomunikasi. Dan mereka gunakan voice tapping. Hanya dengan menekan tombol voice yang ada di whatsapp, semua orang bisa mengirimkan pesan suaranya. Dan durasi rekaman suara ini bisa mencapai 15 menit. Cukup lama bukan.

Selain text, whatsapp dan sejenisnya juga memiliki kemampuan video, voice tapping, dan ini sungguh merubah cara kita untuk berkomunikasi. Coba cek berapa banyak yang masih punya telepon kabel saat ini ? Kebanyakan hanya perkantoran, sebagian sudah pindah ke telepon mobile semua. Maka pendapatan terbesar dari para operator Telco saat ini bukan lagi di traffik suara, melainkan traffik data. 

Belum lagi perubahan pola belanja kita. Yang semula harus datang ke tempat berbelanja, sekarang semua diarahkan online. Dan harganya pun langsung turun drastis. Tidak heran industri retail kita meradang. Banyak tempat retail belanja besar yang tutup dan berganti bisnis. 

Benar kata orang, semua akan Millenial pada waktunya..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun