Mendengar review buku dari pak Tanadi Santoso membahas buku ini, FLIP THE FUNNEL sungguh menarik.
Ini membuat saya bergidik, dan memikirkan ulang kembali semua strategi marketing yang selama ini kami lakukan.Â
Selama ini kita fokus untuk membuat dan menerapkan AIDA :
- ATTENTION / AWARENESS (menarik perhatian pelanggan dengan berbagai cara)
- INTEREST OF CUSTOMER (menumbuhkan ketertarikan, ini bisa berbentuk mengenal dan mempelajari)
- DESIRE (keinginan untuk membeli)
- ACTION (konsumen membeli produk)
Nah membangun AIDA selama ini dilakukan dengan aktifitas marketing secara masif, bisa dalam bentuk IKLAN / ADVERTISING, kemudian memastikan mereka tertarik hingga membeli.Â
Tapi sekarang semua sudah berubah, semenjak 10 tahun lalu, buku FLIP THE FUNNEL telah memprediksikan ini. Dan sekarang menjadi semakin nyata, dengan adanya internet, maka pola marketing pun berubah.Â
Tidak lagi menggunakan biaya marketing besar untuk iklan besar di pinggir jalan, tapi cukup dengan facebook, instagram, youtube marketing. Sehingga funnel kita akan berubah.Â
Untuk perusahaan seperti perusahaan saya yang melayani perusahaan lain (B2B), maka pendekatan seperti Account Based Marketing (ABM) yang paling tepat. Tahapan nya dirubah menjadi :