Sayangnya saya kelewatan pas lagi presentasinya, tapi apa yang digambarkan sangat jelas bagi saya yang selama ini berusaha membantu UKM untuk bisa sukses di dunia online.
5 Vitamin M untuk UKM online, mari kita bahas.
1. Mobile Presence
Harus diakui, tren smartphone dan mobility yang sangat tinggi dalam 3 tahun terakhir ini, juga di Indonesia. Dengan jumlah pengguna smartphone yang semakin meningkat, maka tentu akan sangat penting bagi UKM untuk bisa eksis, mudah ditemukan dan dijumpai, tidak hanya dalam bentuk media website, tetapi juga website yang mudah diakses secara mobile, informasi yang tersedia di media mobile terkait UKM, dan kemampuan ini menjadi tantangan tersendiri bagi UKM.Â
Selama ini, banyak UKM yang masuk ke dalam berbagai komunitas mulai menggunakan media online. Salah satu tahapan awal yang dilakukan adalah membuat website. Bayangkan UKM yang selama ini tidak banyak menggunakan komputer, tidak hanya ditantang menggunakan komputer dan sistem komputer, melainkan juga harus mengelola website. Sesuatu yang penuh tantangan bagi mereka. Oleh karena itu dalam 5 tahun terakhir muncullah banyak media online yang membantu membuat website bagi UKM. Tapi tidak sedikit juga, UKM yang kecewa, karena memang sangat sulit untuk mengelola website, dan kemudian menggunakan website nya untuk mempromosikan. Ditambah lagi sekarang ada sosial media, yang sangat powerful dan harus dikuasai lagi oleh para UKM.Â
Wah jelas semua ini membuat pusing. Terutama bagi UKM yang tidak bergerak di bidang online atau fasih menggunakan komputer dan Internet. Solusinya apa ? Banyak sosial media telah digunakan secara aktif sebagai cara untuk mempromosikan produk dan jasa UKM, salah satunya yang terbesar adalah Facebook. Kemudian muncul juga Instagram, dan banyak lagi yang lain. Ada juga yang aktif menggunakan Twitter. Sekarang ini muncul para penjual online yang notabene adalah UKM di Path. Dan semua ini saling melengkapi website, ataupun portal UKM yang selama ini telah digunakan.
Kemudahan menggunakan platform yang ada juga ditantang dengan kemampuan untuk mengupdate informasi produk dan jasa secara mobile. Ini juga dibidik dan dipersiapkan oleh banyak pihak, sehingga UKM dapat mengupload produk dan jasa nya dengan mudah, dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki. Jangan lupa harga smartphone yang semakin murah, coverage network 4G yang semakin meluas, menimbulkan tantangan baru. Dalam beberapa saat lagi, kita akan melihat produk dan jasa yang ditawarkan UKM tidak hanya dalam bentuk gambar, tetapi juga video.
Salah satu website yang sudah menyiapkan ini semua adalah PASARINDO.COM. Mudah diakses bagi secara desktop, ataupun mobile. Dan sangat ramah UKM. UKM yang memiliki keterbatasan kemampuan, bisa menggunakannya dengan sangat cepat. Bahkan untuk yang tidak mengerti sekalipun, disediakan beragam akses. Dari SMS, email, WA, facebook, twitter, semua diterima oleh PASHA (Pasarindo Human Asistant) - orang yang bertugas membantu para UKM, dan melakukan posting iklan ke PASARINDO.COM
2. Money
Tidak dipungkiri, uang sangat memegang peranan penting untuk kelangsungan UKM online. Tapi bagi UKM yang selama ini yang telah menguasai dan terbiasa bertransaksi offline, mereka bisa memandang online sebagai salah satu cara perluasan bisnisnya. Untuk investasi mengubah menjadi UKM yang ramah online, memang sedikit banyak perlu biaya. Sekarang kita pilah, biaya apa saja yang diperlukan untuk menyiapkan menjadi UKM online :