Mohon tunggu...
Hazmi SRONDOL
Hazmi SRONDOL Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis/Jurnalis

Jika kau bukan anak Raja, bukan anak Ulama. Menulislah...

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Hari Belanja Online Nasional 2014

14 Desember 2014   21:41 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:19 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Beberapa hari yang lalu, saya sempat kaget dengan banyaknya banner-banner digital perihal perayaan Hari Belanja Online Nasional . Saya juga masih bingung, sejak kapan "hari" tersebut dicanangkan dan oleh siapa?

Setelah mengusut diberbagai situs, ternyata "hari" ini dibuat oleh 20 toko online besar di Indonesia sejak tahun 2013 kemarin. Menyesuaikan tanggal kelahirannya--12 Desember, maka diadakan diskon/sale besar-besaran oleh beberapa situs online dengan hastaq ‪#‎1212Sale‬

[caption id="attachment_382550" align="aligncenter" width="624" caption="Hari Belanja Online 2014"][/caption]

Walau pun tidak diresmikan oleh pemerintah, memang harus diakui--potensi pasar online ini sangat luar biasa besarnya, baik omset maupun kesempatan ber-wirausaha mandiri oleh ibu-ibu rumah tangga.

Satu sisi yang menunjukan bahwa orang Indonesia sangat kreatif memanfaatkan teknologi. Walau kita sama-sama tahu, rata-rata kecepatan internet Indonesia sangat rendah.

Bahkan jauh sebelum hari belanja online ini dicanangkan, sejak lama aplikasi chat BBM ibu-ibu telah berubah menjadi lapak dagangan. Hal yang saya yakin, pihak RIM Blackberry pun tidak pernah membayangkannya. Mereka hanya tahu bahwa "Indonesia is Blackberry Country".

Sebuah peningkatan dari gelar sebelumnya sebagai "Republic of Communicator" ketika sedang jaya-jayanya produk ponsel pintar dari produsen Nokia. Bahkan kini, pages facebook hingga instagram-pun tak luput dari tempat penjelajahan bisnis online ibu-ibu.

Hal yang memang menjadi ruang positif bagi perkembangan dunia entreprenuership nasional walau pun tetap meninggalkan pertanyaan kecil perihal sistem perpajakannya. Seperti yang kita tahu, dunia e-commarce memungkinkan sebuah akun/situs yang 'parkir" di luar negeri bisa mendapatkan omset dari jual beli dari negeri ini, sedangkan pembahasan perihal pajak e-commarce nya masih juga belum selesai.

Namun, apa pun itu--walau terlambat, saya tetap ingin mengucapkan selamat berbelanja bagi pembeli serta selamat meraih keuntungan buat pelaku pasar online dan jangan lupa memberitahu suaminya kalau beli ini itu yaa...

Happy Shopping!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun