Teori adalah argumen yang didasarkan pada penemuan dan penelitian didukung oleh data dan bukti (Raiz, 2012). Teori belajar adalah sebuah metode menggambarkan bagaimana orang belajar sehingga mereka dapat membantu kita untuk memahami proses alami dalam pendidikan. Cahyo membantah teori terseb. Menurutnya, pembelajaran dapat diartikan sebagai prinsip dan pola pembelajaran umum dan dikonfirmasi oleh penelitian (Rachmawati, 2015). Untuk mencapai hal tersebut, guru memegang peranan penting Guru bertanggung jawab memimpin siswanya dalam kegiatan pendidikan memberi dan menerapkan ilmu dalam kehidupannya, memberikan dan memberikan contoh yang baik kepada anak didiknya dengan mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Metode yang digunakan guru masih relevan tradisional, sehingga memberikan kesan siswa belajar secara pasif. Oleh karena itu, teori belajar diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar pembelajaran bisa bermakna. Teoribelajar ini dapat kita sebut sebagai teori belajar Humanism. Dalam teori humanism, pendidik tidak hanya mentransferkan pengetahuan atau nilai saja, melainkan pendidik mesti merancang peserta didiknya dengan kasih sayang supaya peserta didik dapat lebih peka terhadap lingkunganny
A. Pengertian Teori Belajar Humanisme
Dalam kamus besar bahasa Indonesia kita menemukan 18 guma dari kata dasar manusia yang kesemuanya mempunyai arti yang berbeda-beda. Arti kata "manusia" adalah: (1) manusiawi, (2) manusiawi (baik hati, mulia, dsb). Kata "humanis" mempunyai arti sebagai berikut: 1) orang yang memimpikan dan memperjuangkan kehidupan sosial yang lebih baik berdasarkan prinsip-prinsip kemanusiaan; pelayan kepentingan kemanusiaan dan (2) penganut ideologi yang menganggap manusia sebagai objek terpenting. Lebih jauh lagi, humanisme adalah keyakinan bahwa manusia memiliki nilai yang sama sebagai prinsip dasar hubungan yang positif, beradab, dan adil. Menurut humanisme, manusia mempunyai hak untuk mengembangkan hubungan dan kepribadiannya sendiri, serta mempunyai kendali atas kehidupan dan perilakunya. Menurut humanisme, tujuan belajar adalah menjadikan manusia seperti manusia lainnya. Siswa yang sukses menunjukkan kesadaran terhadap diri sendiri dan lingkungannya. Beberapa poin penting dari teori humanism ini, yaitu :
1. Pentingnya ekspresi diri
2. Peran dan konteks pribadiÂ
3. Kesadaran diri dan pemberdayaan
4. Pendidikan yang berpusat pada siswaÂ
5. Pentingnya pengalaman dan refleksiÂ
6. Pendidikan HolistikÂ
7. Menekankan pentingnya tanggung jawab  seseorang atas tindakannyaÂ