Mohon tunggu...
SRI WINARTI
SRI WINARTI Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Guru

Hobi membaca, menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kurangnya Kemampuan Anak dalam Mengenal Simbol Huruf

23 Januari 2024   21:40 Diperbarui: 23 Januari 2024   21:59 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

                                                       KURANGNYA KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL SYMBOL SYMBOL HURUF

Kurangnya kemampuan anak dalam mengenal simbol-simbol huruf dapat menjadi tantangan dalam perkembangan literasinya. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi masalah ini termasuk:

1.Kurangnya Pendidikan Awal: Pendidikan awal yang kurang mendukung dalam mengenalkan huruf dan membaca dapat menyulitkan anak dalam memahami dan mengenal simbol huruf.

2.Kurangnya Stimulasi Literasi: Anak-anak membutuhkan stimulasi literasi yang mencakup membaca bersama, berbicara tentang buku, dan berinteraksi dengan tulisan sehari-hari. Kurangnya stimulasi literasi bisa menghambat perkembangan pemahaman huruf.

3.Gangguan Pembelajaran: Beberapa anak mungkin mengalami gangguan pembelajaran tertentu, seperti disleksia, yang dapat mempersulit mereka dalam mengenali dan mengingat simbol huruf.

4.Kurangnya Keterlibatan Orang Tua: Keterlibatan orang tua sangat penting dalam pengembangan literasi anak. Jika orang tua tidak terlibat secara aktif dalam membantu anak belajar membaca dan menulis, itu dapat mempengaruhi kemampuan literasi anak.

5.Kurangnya lingkungan yang mendukung: Desain pembelejaran dengan pemanfaatan lingkungan sebagai stimulasi awal kurang dioptimalkan seperti labeling di tembok tembok , penyediaan sudut baca yang menyediakan aneka ragam buku cerita bergambar yang menarik berwarna wrani denga tulisan yang besar.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf:

1.Membaca Bersama: Bacalah bersama anak dan libatkan mereka dalam membaca. Gunakan buku-buku dengan gambar yang menarik dan huruf-huruf yang jelas

.2.Mainan Pendidikan: Gunakan mainan pendidikan atau permainan interaktif yang melibatkan huruf dan kata-kata. Ini dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan

3.Aktivitas Menulis: Berikan kesempatan kepada anak untuk menulis atau menggambar,aktifitas menulis bisa dimulai dari tahapan yang paling mudah yaitu dengan membuat coretan coretan secara bebas jika anak sudah merasa tertarik untuk menulis baru anak diarahkan pada kegiatan menulis yang terarah.aktifitas menulis tidak harus menulis yang banyak namun lebih ke kontinuitas kegiatan menulisnya. Sedikit tapi kontinyu. Ini membantu mereka melibatkan otot-otot tangan dan memperkuat hubungan antara visual dan motorik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun