ARTIKEL
                             KURANGNYA KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGKOORDINASIKAN OTOT -OTOT
                                                JARI TANGAN UNTUK PERSIAPAN MENULIS
                                                          Â
                                                               PENDAHULUAN
            Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikembangkan oleh anak-anak selama masa perkembangan mereka. Proses menulis melibatkan koordinasi yang kompleks antara otot-otot jari tangan, mata, dan otak. Namun, tidak semua anak dapat dengan mudah mengembangkan kemampuan ini. Artikel ini akan membahas kurangnya kemampuan anak dalam mengkoordinasikan otot-otot jari tangan untuk persiapan menulis dan dampaknya terhadap perkembangan akademis mereka.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Kemampuan Koordinasi Otot Jari Tangan:
1. Kurangnya Aktivitas Motorik Kasar dan Halus:Â
  Anak-anak yang kurang terlibat dalam aktivitas motorik kasar dan halus mungkin mengalami kesulitan dalam                         mengkoordinasikan      gerakan otot-otot jari tangan. Aktivitas motorik membantu mengembangkan kekuatan dan ketangkasan      yang dibutuhkan untuk         menulis.
2.Kurangnya Aktivitas Seni dan Kerajinan: Aktivitas seni dan kerajinan dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus      anak-anak. Menggunting, melukis, dan membuat objek dengan tangan mereka dapat membantu memperkuat otot-otot jari           tangan. Â
3.Faktor Lingkungan: Lingkungan di sekitar anak juga dapat mempengaruhi perkembangan koordinasi otot-otot jari tangan. Anak-     anak yang kurang memiliki akses ke bahan menulis atau yang tidak didorong untuk melibatkan diri dalam aktivitas menulis            mungkin    mengalami keterlambatan dalam pengembangan keterampilan ini.
Dampak Kurangnya Kemampuan Koordinasi Otot      Jari Tangan:
1.Keterlambatan dalam Kemampuan Menulis: Anak-anak dengan kurangnya kemampuan koordinasi otot jari tangan cenderung         mengalami kesulitan dalam menulis. Hal ini dapat berdampak negatif pada kemampuan akademis mereka, terutama dalam mata       pelajaran yang memerlukan keterampilan menulis yang baik.
2.Rendahnya Percaya Diri: Kesulitan dalam menulis dapat menyebabkan rendahnya percaya diri pada anak-anak. Mereka mungkin       enggan berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan kemampuan menulis, seperti ujian atau presentasi.
3.Gangguan Perkembangan Keterampilan Bahasa: Kemampuan menulis yang buruk dapat berdampak pada perkembangan               keterampilan bahasa anak. Hal ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk menyampaikan ide dan berkomunikasi secara       efektif.
Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Otot Jari Tangan: