Social Emotional Learning (SEL) dan Collaborative Academic Social Emotional Learning (CASEL): Fondasi Pengembangan Karakter dan Prestasi
Pendahuluan
Social Emotional Learning (SEL) adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional peserta didik. Melalui SEL, siswa diajarkan untuk mengenali emosi, mengelola konflik, membuat keputusan yang bertanggung jawab, membangun hubungan yang positif, dan menunjukkan empati terhadap orang lain. Program ini bertujuan untuk menciptakan individu yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga tangguh secara emosional dan sosial.
Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) adalah organisasi yang memimpin upaya global untuk memperkenalkan SEL di dunia pendidikan. CASEL telah mengembangkan model komprehensif yang mengintegrasikan SEL ke dalam kurikulum sekolah. Dengan kombinasi pembelajaran akademik, sosial, dan emosional, CASEL bertujuan untuk membentuk individu yang memiliki kemampuan untuk sukses di lingkungan sosial dan profesional.
Pilar Utama SEL
Program SEL berdasarkan CASEL terdiri dari lima kompetensi inti:
1.Kesadaran Diri (Self-Awareness)
Kesadaran diri mengacu pada kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi, nilai, dan kekuatan diri. Siswa diajarkan untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan, memahami bagaimana emosi memengaruhi perilaku mereka, dan menyadari nilai-nilai yang mereka pegang.
2.Pengelolaan Diri (Self-Management)
Kompetensi ini melibatkan kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku dengan cara yang sehat. Melalui pengelolaan diri, siswa belajar untuk menetapkan tujuan, mengatasi stres, dan tetap termotivasi untuk mencapai hasil yang diinginkan.
3.Kesadaran Sosial (Social Awareness)