Mohon tunggu...
Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobby syaa memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Empati Martin Hoffman

18 Januari 2025   17:45 Diperbarui: 18 Januari 2025   17:45 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Teori Empati Martin Hoffman

Martin Hoffman adalah seorang psikolog perkembangan yang terkenal dengan teorinya tentang empati. Empati, menurut Hoffman, adalah kemampuan untuk merasakan emosi orang lain dan merespons secara emosional terhadap perasaan tersebut. Ia percaya bahwa empati adalah komponen kunci dalam perkembangan moral manusia, yang memungkinkan individu memahami dan merespons kebutuhan serta penderitaan orang lain. Hoffman mengajukan teori bahwa empati berkembang melalui berbagai tahap, yang dipengaruhi oleh faktor biologis, kognitif, dan sosial.

Konsep Dasar Teori Empati

Hoffman mendefinisikan empati sebagai reaksi afektif yang muncul karena pengenalan terhadap keadaan emosional orang lain. Namun, ia menekankan bahwa empati bukan sekadar meniru emosi orang lain, melainkan melibatkan pemahaman yang mendalam. Hoffman mengidentifikasi empat mekanisme utama yang mendasari perkembangan empati:

1.Empati Primordial (Respon Refleksif): Pada tahap awal kehidupan, bayi menunjukkan tanda-tanda empati dalam bentuk refleks emosional. Misalnya, bayi cenderung menangis ketika mendengar tangisan bayi lain. Hal ini disebut sebagai resonansi emosional dan dianggap sebagai bentuk empati yang sangat mendasar.

2.Empati Egocentris: Pada tahap ini, anak mulai menyadari bahwa emosi yang mereka rasakan sebenarnya berasal dari orang lain, tetapi mereka masih kesulitan membedakan antara perasaan mereka sendiri dan perasaan orang lain. Sebagai contoh, jika seorang anak melihat temannya menangis, ia mungkin mencoba menghiburnya dengan cara yang ia sendiri anggap menenangkan.

3.Empati Berbasis Perspektif: Seiring perkembangan kognitif, anak mulai memahami bahwa orang lain memiliki perspektif, kebutuhan, dan perasaan yang berbeda dari dirinya. Anak-anak pada tahap ini mampu menunjukkan empati dengan cara yang lebih relevan, seperti memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan orang lain.

4.Empati Berbasis Prinsip Moral: Pada tahap akhir, empati menjadi terintegrasi dengan prinsip moral yang lebih luas. Hoffman berpendapat bahwa pada tahap ini, individu tidak hanya merespons situasi emosional langsung, tetapi juga termotivasi oleh nilai-nilai universal seperti keadilan, kesejahteraan, dan tanggung jawab sosial.

Proses Kognitif dan Afektif dalam Empati

Hoffman menjelaskan bahwa empati melibatkan kombinasi proses kognitif dan afektif. Proses kognitif mencakup kemampuan untuk memahami perspektif orang lain, sedangkan proses afektif mencakup kemampuan untuk merasakan emosi yang mirip dengan emosi orang lain. Hoffman menyatakan bahwa kedua proses ini bekerja secara sinergis untuk menghasilkan empati yang autentik dan relevan.

Empati juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu, pengasuhan, dan interaksi sosial. Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh kasih sayang dan pengertian cenderung lebih mampu mengembangkan empati yang matang. Sebaliknya, lingkungan yang penuh kekerasan atau kurang perhatian dapat menghambat perkembangan empati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun