Mohon tunggu...
Sri Wahyuni
Sri Wahyuni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mohon kritik dan saran untuk setiap artikel saya agar lebih baik lagi kedepannya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PPG Penuh Makna

14 November 2023   12:15 Diperbarui: 14 November 2023   12:23 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kelulusan PPG diumumkan, saya dengan perasaan campur aduk antara rasa tidak sabar ingin mengetahui hasil dan khawatir hasil tidak sesuai denga harapan akhirnya segera mengecek hasil pengumuman di SIMPKB yang Alhamdulillah menyatakan bahwa saya lulus seleksi akademik PPG (Pendidikan Profesi Guru). 

Akhirnya apa yang saya pelajari sebelum waktu test seleksi PPG dimulai membuahkan hasil, banyak gambaran soal dari buku dan youtube terkait PPG keluar dalam test seleksi. 

Kami membentuk kelompok belajar dan saling berbagi dengan rekan sejawat terkait pendalaman materi sesuai dengan kelebihan dan kemampuan kami untuk saling berbagi, saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu dalam bidang matematika khususnya matematika SD. 

Kelompok belajar diadakan setiap hari jum'at, sabtu dan minggu jam 13.00-16.00 WIB. Saya dan rekan sejawat sangat antusias dan saling memotivasi agar usaha yang kita lakukan mendapatkan hasil yang baik pada akhirnya. 

Pada kelompok belajar kami khususnya pedagogik kami juga berbagi pengalaman untuk proses pembelajaran sehingga saat mendapatkan soal terkait proses pembelajaran kami juga tidak kesulitan lagi dalam menjawab. Kelompok belajar saya yang terdiri dari 5 orang lulus dalam test akademik PPG tahun 2021

PPG angkatan 2 tahun 2023 diumumkan kembali konfirmasi kesediaan untuk yang sudah lulus test akademik, Saya langsung mengklik tanda bersedia dan memilih LPTK sesuai dengan harapan saya, karena saya tinggal di Provinsi Kalimantan Barat Kota Pontianak.

Saya memilih LPTK Universitas Tanjung Pura (UNTAN) sebagai pilihan pertama dan mengkosongkan pilihan kedua karena minimnya informasi yang membuat saya takut jika membuat pilihan di LPTK lain.

Kegiatan PPG  diadakan secara luring (Tatap muka) sehingga saya harus meninggalkan pekerjaan dan pindah sementara selama kegiatan PPG di kota LPTK yang terpilih yang berada di luar Pulau Kalimantan. 

Setelah adanya bimbingan teknis yang diadakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kota pontianak oleh guru penggerak di Hotel 99 Pontianak selama 2 hari, saya mengetahui bahwa kegiatan PPG full diadakan secara daring.

Pengumuman peserta PPG angkatan 2 tahun 2013 diumumkan, saat yang sudah lama saya nantikan akhirnya tiba juga. Nama saya tertulis didalam pengumuman tersebut berserta LPTK yang terpilih yaitu LPTK UNTAN Pontianak. 

Kegiatan awal sebelum perkuliahan dimulai dari LPTK memberikan orientasi berupa gambaran selama proses perkuliahan PPG secara daring. Saat pembagian kelas saya berada di kelas 013 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bersama dosen Prof. Ahadi Sulissiawan, M.Pd dan guru pamong Ferawati, S.Pd serta 30 peserta yang terdiri dari bapak/ibu guru hebat dari berbagai daerah di Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun