Mohon tunggu...
srisulastri
srisulastri Mohon Tunggu... Guru - guru

membaca

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Best Practise

7 Januari 2025   15:20 Diperbarui: 7 Januari 2025   15:26 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
contoh laporan wawancara (sumber :foto prinadi)

Mengembangkan Keterampilan Bertanya yang Efektif memalui Praktek Wawancara Kelas 4      

 SD Al Muslim, Tambun Bekasi

Oleh : Sri Sulastri, S.Kom

 

PERENCANAAN

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik untuk mengupayakan peserta didik ke arah yang lebih baik melalui bimbingan, arahan, pelatihan dan pendidikan. Dengan demikian setelah ada bimbingan dan pendidikan diharapakan peserta didik berproses menjadi peserta didik yang berpribadi lebih baik, kreatif, dan dewasa. Akan tetapi masih ditemukan pendidik yang hanya menyampaikan materi berupa teori-teori saja tanpa ada kegiatan praktik yang melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik kurang termotivasi dan akhirnya kurang paham dengan pembelajaran tersebut. Hal tersebut terjadi karena pendidik lebih banyak menyampaikan materi secara teori dan minimnya kesempatan kepada peserta didik mempraktekkan secara langsung materi yang sudah diberikan, mengakibatkan munculnya beberapa masalah diproses pembelajaran yaitu mengurangi minat atau motivasi belajar anak.

Pendidik sebagai fasilitator dan motivator untuk peserta didik maka pendidik dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dalam mengembangkan materi ajar, sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan kepada peserta didik. Karena peserta didik lebih menyukai pembelajaran yang dapat melibatkan mereka secara langsung. Dalam mata pelajaran Leadership, peserta didik kelas 4 di sd al muslim materinya tentang membuat pertanyaan mengandung 5W 1H.  Motivasi  belajar peserta didik pada kegiatan tersebut terlihat masih rendah teknik pengajaran yang digunakan adalah membaca di modul dan menulis di papan tulis dengan menggunakan fasilitas apa adanya, minimnya keterampilan guru dalam mengembangkan metode pengajarannya sehingga tidak dapat menciptakan belajar yang baik, efektif dan efesien. Adapun penulisan karya tulis ilmiah best practise ini bertujuan untuk memberikan solusi, motivasi bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mempraktekan materi Latihan bertanya dengan 5W 1H. sehingga peserta didik memahami penerapan 5W 1H dalam membuat pertanyaan dan dibuktikan dengan praktek wawancara dengan orang tua.

 

PELAKSANAAN

Kegiatan ini dilakukan pada bulan Oktober 2024 di kelas 4 sesuai dengan jadwal pelajaran leadership dengan pantauan guru. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Langkah-langkah yang telah direncanakan. Kegiatan wawancara ini mengangkat tema "Profesi Orang Tua". Langkah-langkah penerapan best practice ini dapat diuraikan sebagai berikut::

Pertama : peserta didik mencari informasi tentang Latihan bertanya dengan membaca materi yang ada di digislamic dan penjelasan dari pendidik tentang penerapan 5W 1H dalam membuat pertanyaan, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang cara membuat pertanyaan dengan 5W 1H.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun