Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Petani, Ibu dari 1 putri, 1 putra

Penerima anugerah People Choice dan Kompasianer Paling Lestari dalam Kompasiana Awards 2023.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Menjadi MC HUT RI ke-78 di Dusun. Bagaimana Persiapannya?

22 Agustus 2023   17:44 Diperbarui: 22 Agustus 2023   17:50 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto pribadi setelah acara istighasah dalam rangka HUT RI ke-78, 12/08/2023.

Awal Agustus, saya mendapat pesan pribadi dari kepala dusun Sidorejo, sapaannya Bu Kasun dan teman yang sering disapa Mbak Vin. Keduanya mengatakan hal yang sama, yakni menanyakan kesediaan saya untuk menjadi Master of Ceremony (MC) pada acara keagamaan.

Kegiatan keagamaan yakni doa, tahlil, istighasah dan ceramah dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 yang dilaksanakan tanggal 12 Agustus 2023.

Sebelumnya saya sudah diwiwiti oleh ipar soal jadi MC pada acara tersebut. Namun, saat itu sudah menolak secara halus. Alasannya, tidak punya keberanian tampil di depan umum. Jangankan tampil di depan umum, memegang mikrofon (microphone) sajak belum pernah.

Saat mendapat pesan pribadi itu, saya pun menolak secara halus, tetapi karena dukungan, tawaran itu akhirnya saya terima. Bismillah, saya berpikir ini perang mental, bukan perang senjata. Saya berperang dengan diri sendiri bukan musuh yang jumlahnya ratusan, ribuan.

Saya harus merdeka dari rasa takut, minder, khawatir. Pastinya dalam hati sudah ada orang yang akan kena imbas atas keputusan saya, siapa lagi kalau bukan Mbak Siska Artati, juga teman di tim super mentoring public speaking asuhan coach Riyan Apriyanto.

Dokumen pribadi hasil olah canva, percakapan untuk menjadi MC
Dokumen pribadi hasil olah canva, percakapan untuk menjadi MC

Apa itu Master of Ceremony (MC)

Seperti kita ketahui MC singkatan dari Master of Ceremony merupakan sebuah peran dalam sebuah pagelaran acara. Tugas dari MC adalah memandu sebuah acara agar kegiatan lancar dan sesuai jadwal.

Mengutip dari Kompas, menurut Chatrin Pratiwi dalam buku Eksklusif Seni Membawakan Pidato & MC Biasa, Seni & Praktik Public Speaking yang Mudah dan Menarik (2021), MC adalah penguasa, pengatur, pengendali dan pembawa acara.

Selain memandu jalannya acara, MC turut bertanggung jawab atas keberhasilan acara dari awal hingga akhir. Melihat dari tanggung jawabnya, menjadi pembawa acara berat juga, sekalipun acaranya di dusun, hanya beberapa RT (rukun tetangga).

Persiapan Menjadi MC HUT RI di Kampung

Mendapat mandat untuk jadi pembawa acara keagamaan, tentunya harus ada persiapan, apalagi sebagai MC amatiran. Saya harus tampil maksimal, walaupun bukan yang terbaik, tetapi harus baik. Ini momen bersejarah bagi saya di hari bersejarah pula, hari kemerdekaan Republik Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun