Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Petani, Ibu dari 1 putri, 1 putra

Penerima anugerah People Choice dan Kompasianer Paling Lestari dalam Kompasiana Awards 2023.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Kenangan Ramadan Tahun 90-an di Kampung

2 April 2023   14:50 Diperbarui: 2 April 2023   15:00 1047
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kenangan Ramadan Tahun 90-an di Kampung. Foto dokpri

"De, De, lagi apa? sepedanya agak minggir ya, Bude mau lewat!" kata saya setelah turun dari kendaraan.

Anak-anak itu bermain di pinggir sawah sambil membawa petasan. Sepedanya diparkir tak beraturan di jalan kampung. Kendaraan lain pun agak susah lewat karena jalan itu sempit cukup satu mobil.

Anak-anak itu menepi, memberi jalan agar kendaraan saya bisa lewat. Mendapat akses, saya tidak segera naik ke dalam mobil. Penasaran dengan apa yang akan mereka lakukan.

"Adik mau main apa di sawah?"

Mereka memandang penuh heran. Saya menyadari walaupun anak-anak ini tinggal satu desa, kami tidak saling kenal. Baiklah saya tidak mendapat jawaban, tetapi bisa dipastikan mereka akan main petasan.

"Cepat naik, dari lawan arah ada mobil lain mau lewat," teriak suami. Saya pun bergegas naik. Tampak dari arah depan, mobil sedan berhenti di pertigaan. Kami secara bergantian melewati jalan baru itu.

***

Anak-anak main di parit saat puasa Ramadan. Foto dokpri
Anak-anak main di parit saat puasa Ramadan. Foto dokpri

Selain bertemu dengan anak-anak tadi, saya pun sering melihat anak lain bermain di pinggir parit dekat sawah, seperti Minggu pagi tadi. Sepeda saya pinggirkan dan menyapa mereka.

"Cari apa, De?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun