Mohon tunggu...
Sri Ramadana
Sri Ramadana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sri Ramadana

Nama: Sri Ramadana Nim: 2021050101073 Prodi: Ekonomi Syariah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Persaingan Monopolistik

19 Desember 2022   00:22 Diperbarui: 19 Desember 2022   00:30 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


A. Karakteristik pasar persaingan monopolistik
pasar monopolistik ini mirip dengan pasar persaingan sempurna dengan banyak nya perusahaan keluar masuk yang terdapat dalam industri. Merek dari satu dengan merek yang lain tidak jauh berbeda.
Pasar monopolistik memiliki beberapa ciri-ciri:
1) perusahaan bebas keluar masuk di dalam industri
2) perusahaan juga mempunyai kekuatan dan juga mempengaruhi harga
3) perusahaan dalam industri banyak
4) produk yang di hasilkan telah differensiasi atau perbedaan

B. Keseimbangan Jangka Pendek pada Pasar Persaingan Monopolistik,
persaingan pasar monopoli didasarkan pada persaingan monopolistik dimana perusahaan dapat menghadapi kurva permintaan dengan di tandai nya kemiringan negatif atau menurun. Di dalam perusahaan kekuatannya mempengaruhi harga barang namun banyak nya produk yang dekat dengan substitusi maka kurva permintaan sangat elastis dengan harga.

C. Keseimbangan Jangka Panjang pada Pasar Persaingan Monopolistik
Untuk menarik perusahaan baru dalam industri tersebut yaitu apabila dalam pasar persaingan monopolistik di dalam jangka pendek dapat memperoleh di atas normal. Sehingga perusahaan dalam industri bertambah banyak.

D. Persaingan bukan harga, memiliki dua kelompok
 1) melakukan diffrensiasi produk, Penciptaan barang sejenis serta corak yang berbeda dalam arti bahwa
dengan hasil produksi perusahaan lain.
 2) melakukan usaha periklanan dan
berbagai bentuk promosi penjualan
Keseimbangan dalam pasar persaingan monopolistik berbeda dengan
keseimbangan pada pasar persaingan sempurna. Hal tersebut disebabkan karena dua hal yaitu, biaya total rata-rata yang mengarah ke bawah. Kedua perusahaan menjual produk di atas
biaya marjinal.
3) Iklan dan biaya produk
4) Merek dagang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun