Memiliki tempat kerja yang nyaman tentu impian semua orang. Namun kenyataannya tidak semua orang bisa menikmati tempat kerja yang nyaman dan tenang. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi tidak betah dan tidak nyaman di tempat kerja.
Dunia kerja memang tidak bisa ditebak ya dan pasti memiliki tantangan tersendiri bagi para pegawainya. Dunia kerja memang sangat berbeda dengan dunia kita sebelumnya. Di dunia kerja kita bisa bertemu dengan orang-orang baru dengan karakternya yang beraneka ragam. Karakter ini sangat berbeda dengan dunia-dunia sebelumnya. Bagi yang baru pertama kali bekerja pasti akan mengalami culture shock karena situasi dunia kerja yang jauh berbeda.Â
Namun bagi yang sudah berpengalaman pasti sudah pahamlah bagaimana cara kerja dan watak ornag-orang yang ada di dunia kerja itu. Bisa dibilang dunia kerja itu menunjukkan watak orang yang sesungguhnya. Jika orang itu tulus dan benar-benar baik kita bisa melihat perlakuan orang tersebut di dunia kerja. Karena dunia kerja itu keras dan penuh dengan tantangan yang tidak terbayangkan sebelumnya.Â
Banyak hal yang akan membuat kita terkejut dan kaget karena mungkin itu baru pertama kalinya bertemu dengan orang-orang seperti itu. Tapi tenang, kita tidak perlu takut berlebihan karena setiap orang tentu membutuhkan pekerjaan untuk bisa bertahan hidup bukan. Ya banyak orang yang rela mengantri untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Jadi ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan, tentu itu sebuah hal yang harus kamu syukuri.Â
Karena dunia kerja itu keras dan penuh dengan tantangan kamu perlu tips agar kamu bisa betah dan nyaman di tempat kerjamu yang baru. Tips ini bisa kamu coba. Buat yang sudah bekerja pasti pahamlah tapi buat yang baru pertama kali tips ini bisa dicobaÂ
Pertama, bersikaplah biasa dan netral ke semua orangÂ
Pertama, kamu harus bersikap biasa dan netral ke semua orang. Sebagai anak baru kamu itu ibarat kertas putih yang bersih dan polos belum ada noda apapun. Jadi pastikan kamu jangan sampai membuat masalah yang membuat dirimu menjadi musuh bagi rekan kerjamu.Â
Untuk melakukan itu, kamu harus bersikap netral dan biasa saja ke semua orang. Netral di sini artinya kamu tidak di pihak manapun. Biasanya di kantor itu ada beberapa kelompok yang saling bertikai. Pastikan kamu tidak memihak salah satunya dan jadilah orang yang ramah ke semuanya.Â
Karena kamu orang baru, kamu tidak perlu ikut-ikutan kelompok yang sedang bertikai. Jadi bersikaplah biasa saja ke semua orang di kantor dan ramah kepada mereka. Meski kamu mendapatkan omongan-omongan dari para senior, usahakan kamu tidak menelannya mentah-mentah. Kamu harus bersikap biasa dan jangan sampai terlibat dalam salah satu kelompok yang bertikai. Karena kamu itu pendatang yang tidak tahu apa-apa dan bagaimana asal usul kejadiannya. Jadi pastikan kamu menyaring berbagai informasi yang kamu terima. Jangan sampai kamu asal menerimnya.Â
Bersikap netral di sini bukan berarti kamu bermuka dua ya. Netral di sini artinya kamu tidak memihak kelompok mana pun. Jadi ketika kamu mendengar omongan dari kelompok yang bertikai kamu memilih menyimpannya alih-alih menyampaikannya. Tentu hal ini sangat berbeda dengan orang yang bermuka dua.Â