Dulu saya pernah bekerja di salah satu kedai franchise. Waktu itu kedainya masih kecil dan hanya mnggunakan gerobak.Â
Setelah empat tahun, bisnis kedai tesebut semakin besar dan masih banyak pelanggan yang datang.Â
Saya pun kagum dengan pemiliknya yang bisa bertahan di tengah banyaknya bisnis minuman yang ada di sekitar tempat tersebut.Â
Berbeda dengan tempat saya bekerja dulu, teman saya beberapa bulan lalu mulai membuka kedai minuman yang juga franchise dari salah satu nama produk minumann.Â
Namun baru beberapa minggu, teman saya memilih berhenti. Alasannya karena ternyata mereka masih kalah bersaing dengan beberapa kedai minuman yang ada di tempat tersebut.Â
Dari dua hal yang berbeda tersebut kita bisa belajar bahwa membuka bisnis waralaba atau franchise tidak hanya mengandalkan nama besar produk saja. Lalu apa?Â
Dari ilustrasi di atas kita bisa belajar pentingnya melakukan inovasi ketika menjalankan sebuah bisnis. Apalagi di era seperti sekarang di mana banyak sekali bisnis di bidang yang sama sehingga persaingan antar pebisnis pun semakin ketat.Â
Hal tersebut tentu bisa menjadi pemacu kita, ketika ingin menjalankan sebuah bisnis terutama bisnis waralaba atau franchise.Â
Meski bisnis waralaba sekarang menjadi sebuah tren dan banyak yang tergiur untuk menjalankannya. Namun jika tidak dibarengi dengan inovasi dalam mengelola bisnis waralaba tersebut, maka kita tidak bisa mengembangkan bisnis tersebut.Â
Kedai tempat saya bekerja dulu menjadi contoh bagaimana ia terus melakukan inovasi agar bisa mengembangkan bisnisnya.Â