LATAR BELAKANG
Penggunaan media dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Terlebih lagi apabila guru tersebut mengajar di tingkat Sekolah Dasar. Usia peserta didik tingkat Sekolah Dasar berada pada tahap operasional konkret dimana mereka meniru apa yang dilihat dan didengar. Hal ini, menjadi landasan guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat.
Dipilihnya media berupa alat peraga Bunga Pecahan dilatar belakangi oleh seringnya mendapati peserta didik merasa kesulitan dalam mengerjakan permasalahan-permasalahan yang bekaitan dengan materi pecahan dalam pembelajaran matematika. Untuk itu penulis berupaya untuk membuat cara atau alat berupa "Bunga Pecahan" yang dapat membantu peserta didik dalam kesulitannya menyelesaikan permasalahan mengenai materi pecahan agar menjadi lebih mudah.
Â
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran di atas, dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut: "Bagaimana meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik kelas III dalam pembelajaran Matematika materi pecahan di SD Negeri 5 Tulakan dengan menerapkan alat peraga Bunga Pecahan?
TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan alat peraga " Bunga Pecahan " ini antara lain adalah:
Meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran pecahan menggunakan alat peraga " Bunga Pecahan ".
Mendeskripsikan cara penggunaan alat peraga " Bunga Pecahan.
MANFAAT