Semarang, 16 Oktober 2024, Sri Nani Herawati mahasiswi Universitas Negeri Semarang melaksanakan Lantip 4 di SMA Teuku Umar. Lantip 4 merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang berupa praktik di sekolah yang dikembangkan dan diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang untuk memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya manusia unggul dengan membantu murid-murid bersama guru dan sekolah melalui pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan yang sekaligus membekali mahasiswa dengan literasi digital dan teknologi untuk pembelajaran yang berkualitas.
Salah satu bentuk penugasan dari Lantip 4 ini adalah penggunaan modul dalam pembelajaran peserta didik. Modul ajar yang digunakan oleh mahasiswa ini merupakan modul ajar kelas XI fase F Bab 2 pembelajaran 3 “Mengenal Penyajian Teks Berita dalam Bentuk Vlog”. Kompetensi awal dalam modul ini yakni peserta didik mampu mengetahui isi berita yang akan dijadikan vlog, peserta didik mampu memahami ciri dan syarat blog sebagai vlog, dan peserta didik mampu menyediakan sebuah vlog sesuai dengan syarat blog sebagai vlog. Beberapa sarana dan prasarana yang ada meliputi gawai, laptop, buku teks/LKS, akses internet, lembar kerja, dan papan tulis.
Tujuan pembelajaran yang ada dalam modul ini yakni menangkap informasi berupa fakta-fakta pada kehidupan sehari-hari dan terjadi di sekitar kita yang disajikan dalam bentuk sebuah vlog. Peserta didik memahami syarat dan ciri-ciri sebuh vlog sehingga mampu mempersiapkan dalam pembuatan blog yang sesuai dengan tema yang diberikan. Dalam hal ini guru memberikan sebuah contoh vlog yang diambil di lama yt pada link https://youtu.be/Dqhya7FBoxw?si=QYRINTUET-jOYiBe. Tak hanya itu, mahasiswa PPL Sri Nani Herawati ini menjadikan buku Lembar Kerja Siswa sebagai bahan acuan dalam pembelajaran 3 “Mengenal Penyajian Teks Berita dalam Bentuk Vlog”.
Penugasan diambil dengan mencari tiga vlog yang berhubungan dengan tema yang sudah disajikan, seperti review produk-produk terbaru di pasaran, vlog documenter seperti lingkungan, seni, atau sejarah, vlog pengalaman review tempat bersejarah, vlog olahraga atau kegiatan fisik, diskusi tentang topik-topik aktual di Indonesia, dan perjalanan wisata ke tempat bersejarah atau objek wisata pendakian. Dari beberapa tema yang diambil peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri dan syarat vlog sesuai dengan teman yang dipilih yang kemudian dipresentasikan di depan kelas.
Modul ajar teks berita pembelajaran 3 sangat komplit yang terdiri dari informasi umum (identitas modul, kompetensi awal, profil pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik dan model pembelajaran), komponen inti yang berisi tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, assessment/penilaian, remedial dan pengayaan, refleksi guru dan peserta didik. Tak hanya itu dalam modul ini terdapat pula lampiran materi, lampiran diskusi kelompok, LKPD, lampiran penilaian sikap, glosarium, dan daftar pustaka.
Modul ini sudah diimplementasikan pada saat kegiatan pembelajaran Lantip 4 di SMA Teuku Umar. Modul ajar teks berita dalam digunakan dengan semestinya dan dapat dikembangkan apabila pengajar memakai untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang lebih baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H