Mohon tunggu...
Sri Maryani
Sri Maryani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori psikososial Erik Erikson

19 Januari 2025   10:48 Diperbarui: 19 Januari 2025   10:48 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Teori psikososial Erik Erikson adalah salah satu teori perkembangan yang paling dikenal dalam psikologi. Teori ini menekankan pentingnya perkembangan psikososial individu sepanjang kehidupan, dengan fokus pada interaksi antara faktor psikologis dan sosial. Erikson membagi perkembangan manusia menjadi delapan tahap, di mana setiap tahap memiliki konflik utama yang harus diselesaikan. Penyelesaian konflik ini memengaruhi perkembangan kepribadian dan kemampuan seseorang untuk menghadapi tantangan di tahap berikutnya.

Delapan Tahap Perkembangan Psikososial Erikson

1. Kepercayaan vs. Ketidakpercayaan (0-1        tahun)

*Konflik: Bayi belajar apakah dunia adalah                      tempat yang aman atau tidak                            berdasarkan respons dari                                    pengasuh.
*Hasil positif: Terbentuknya rasa percaya.
*Hasil negatif: Ketidakpercayaan terhadap dunia.


2. Kemandirian vs. Rasa Malu dan Ragu           (1-3 tahun)

*Konflik: Anak belajar untuk mandiri                               dalam melakukan tugas sehari-                       hari.
*Hasil positif: Rasa percaya diri dan                                   kemandirian.
*Hasil negatif: Rasa malu atau ragu                                   terhadap kemampuan diri.


 3.  Inisiatif vs. Rasa Bersalah (3-6                         tahun)
 
*Konflik: Anak mulai mencoba                                             mengambil inisiatif dan                                       mengeksplorasi lingkungan.
*Hasil positif: Kemampuan untuk                                      mengambil inisiatif dan merasa                      kompeten.
*Hasil negatif: Rasa bersalah atau takut                         mengambil risiko.


4. Kerajinan vs. Rasa Rendah Diri (6-12 tahun)

*Konflik: Anak belajar keterampilan baru                       dan membandingkan diri.                                  dengan teman sebayanya.
*Hasil positif: Rasa bangga dan                                           kompetensi.
*Hasil negatif: Rasa rendah diri dan                                  kurang percaya diri.


5. Identitas vs. Kebingungan Identitas (12-18 tahun)

*Konflik: Remaja mencari identitas diri dan menentukan peran mereka dalam masyarakat.
*Hasil positif: Identitas yang jelas dan stabil.
*Hasil negatif: Kebingungan tentang peran dan identitas.


6. Intimasi vs. Isolasi (18-40 tahun)

*Konflik: Individu mencari hubungan yang intim dengan orang lain.
*Hasil positif: Hubungan yang dekat dan saling percaya.
*Hasil negatif: Kesepian dan isolasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun