Mengapa Keterampilan AQ Perlu Dikembangkan?
Oleh: Sri Lestari
Setiap orang tentu punya keinginan untuk menjadi sukses. Setiap orang tua maupun guru juga menginginkan anak-anaknya menjadi sukses secara dunia maupun akhirat. Untuk mencapai sukses tentu harus dibarengi dengan usaha keras. Selain usaha, kesuksesan seseorang dapat tercipta karena adanya keyakinan dan percaya diri. Usaha, keyakinan, dan percaya diri, bersinergi karena adanya komponen yang membentuk ketiganya. Komponen tersebut meliputi IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient), dan AQ (Adversity Quotient).
IQ (Intelligence Quotient) atau kecerdasan intelektual, yaitu kecerdasan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami dan menguasai lingkungan. Kecerdasan ini berkaitan dengan intelektual, logikan dan kemampuan menganalisis secra matematis. Bila hanya sebatas ini yang diajarkan kepada anak, maka yang akan terjadi adalah terciptanya pengangguran. Ini bisa terjadi karena kecerdasan yang dimiliki bisa digantikan oleh mesin.
EQ (emotional Question) atau kecerdasan emosi, yaitu kemampuan atau kecerdasan seseorang dalam mengelola emosi dengan baik dalam diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Orang yang kecerdasan emosinya baik dapat mengontrol emisi diri sendiri, mengendalikan perasaan dan emosi yang kadang datang tiba-tiba, mampu berempati, dan mampu mengelola hubungan sosial.
SQ (Spiritual Quotient) atau kecerdasan spiritual yaitu kecerdasan seseorang dalam mengembangkan diri secara utuh dengan melalui kesadran penciptaan sehingga dapat menerapkan nilai-nilai dan makna positif dalam kehidupan. Orang yang kecerdasan spiritualnya berkembang mampu bersikap fleksibel dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga akan mengerti mengenai makna hidup dan kehidupan.
AQ (Adversity Quotient) yaitu kecerdasan menghadapi keadaan sulit atau disebut kecerdasan mental. Orang yang mempunyai AQ tinggi akan bermental tangguh. Â Dia akan mampu menghadapi keadaan sulit, tangguh menghadapi tantangan, sanggup memberikan respon dalam kesulitan hidup dan mampu beradaptasi dengan keadaan. AQ berperan penting dalam mencapai kesuksesan. Dengan keterampilan ini akan mampu menghadapi krisis, mampu membaca dan mengambil peluang terbaik dan akan memperjuangkannya.
Dalam pendidikan, AQ kadang-kadang tidak ditanamkan atau diberikan kepada anak, baik guru maupun orang tua. Banyak guru dan orang tua yang sudah kenal dan paham akan paham IQ, EQ, dan SQ, tetapi belum memahami pentingnya keterampilan AQ. Bahkan dengan alasan kasih sayang, justru keterampilan AQ tidak diberikan.
Banyak kasus yang kita temui sebagai bukti tidak dikembangkannya keterampilan AQ. Orang tua malu karena anak tidak naik kelas. Tidak naik kelas adalah hal biasa, tetapi orang tua menganggap anaknya memalukan, sehingga dengan berbagai cara, orang tua menginginkan anak naik kelas. Misalnya dengan mengancam guru atau mendatangi guru agar anak naik kelas. Orang tua tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil sikap dan  menerima kenyataan yang tak menyenangkan dalam menghadapi situasi tersebut. Anak terbiasa dalam keadaan yang aman, sehingga bila suatu saat sudah tidak didampingi orang tua akan kaget dan bingung bila terpaksa menghadapi kondisi sulit.
Ada juga orang tua yang selalu memenuhi semua keinginan anak secara berlebihan , khawatir anak kekurangan, khawatir anak kelaparan. Selama kebutuhan terpenuhi, anak merasa aman dan nyaman sehingga suatu saat ditinggal orang tua, akan menjadi bingung bahkan frustasi karena yang diandalkan selama ini sudah tidak ada.
Di lingkungan sekolah, siswa yang remedial karena tak mencapai target, dianggap tidak sukses dan bodoh sehingga siswa akan menghalalkan berbagai cara agar tidak remedial. Biarkan siswa dalam keadaan tidak nyaman ini, karena akan membuat siswa biasa lebih sportif menghadapi persoalan hidup. Siswa akan lebih tertantang dan berusaha menyelesaikan persoalannya sendiri.